Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bumi Resources Sabet Penghargaan di ISDA 2019

Bumi Resources Sabet Penghargaan di ISDA 2019 Kredit Foto: PT Bumi Resource Tbk
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui unit usahanya PT Kaltim Prima Coal (KPC) menerima Grand Gold Trophy sebagai The Best of Three Companies Overall dan 10 Penghargaan Platinum dan Gold.

Indonesia SDG’s Award (ISDA) 2019 yang diselenggarakan di Menara Bidakara Jakarta diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dari 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), KPC berhasil meraih 10 Tujuan SDG’s. Adapun penghargaan platinum yang diterima oleh KPC adalah SDG’s Nomor 3 (Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan) berupa penanggulangan anak balita kurang gizi dan gizi buruk, dan SDG’s Nomor 6 (Air Bersih dan Sanitasi) berupa pemanfaatan kolam tambang sebagai sumber air baku PDAM Kudungga di Kutai Timur.

Baca Juga: Industri Batu Bara Kurang Cespleng, Laba Bumi Resources Susut 47%

Presiden Direktur BUMI Saptari Hoedaja mengatakan, BUMI berkomitmen kuat untuk mendukung terus terlaksananya 17 tujuan program yang sudah dicanangkan oleh PBB mengenai Sustainable Development Goals di Indonesia.

"BUMI adalah corporate citizen yang memiliki tanggung jawab tinggi dan memberikan kontribusi tertinggi kepada kas negara. BUMI juga menerima berbagai penghargaan bergengsi atas pembayaran royalti tertinggi di antara wajib pajak terbesar dan penyumbang devisa ekspor terbesar di tanah air," ujar Saptari kepada Warta Ekonomi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (11/10/2019).

Ia menambahkan, perseroan juga diakui sebagai perusahaan dengan standar kelas dunia dalam hal Tata Kelola, CSR, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan, Polusi dan Keberlanjutan.

"Baru-baru ini BUMI memenangkan penghargaan sebagai Perusahaan Bisnis Penambangan Terbaik di Indonesia yang mengacu pada UNGP (United Nations Guiding Principles)," tambahnya.

Baca Juga: Jadi Pembayar Pajak Terbesar, Unit Usaha Bumi Resources Raih Penghargaan

Penghargaan dari Tujuan SDG’s lain yang didapatkan oleh KPC adalah SDG’s Nomor 2 (Mengakhiri Kelaparan) berupa usaha peternakan ayam petelur meraih penghargaan (gold), kemudian program perubahan perilaku dan peningkatan status gizi dan kesehatan ibu hamil meraih penghargaan (gold) serta program pencegahan HIV/AIDS di lingkungan KPC meraih penghargaan (gold).

Kontribusi SDG’s yang turut dimenangkan oleh KPC juga meliputi SDG’s Nomor 4 (Pendidikan Berkualitas) berupa program pembangunan sekolah berbasis budaya di SDN 013 Desa Keraitan, Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur meraih penghargaan (gold).

KPC juga berhasil meraih penghargaan pada SDG’s Nomor 8 (Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan yang Layak) berupa produk olahan singkong gajah mendapatkan penghargaan (gold), pemberdayaan UMK menuju UMK yang tangguh dan mandiri meraih penghargaan (gold), SDG’s Nomor 11 (Keberlanjutan Kota dan Komunitas) berupa pengembangan batik motif lokal Wakaroros dan Paku meraih penghargaan (gold) serta SDG’s Nomor 15 (Menjaga Ekosistem Darat) berupa ekowisata Mulyasari Park di kawasan Taman Nasional Kutai meraih penghargaan (gold).

Dengan keberhasilan mendapatkan 10 penghargaan tersebut, KPC menerima Piala Grand Gold sebagai tiga perusahaan terbaik secara keseluruhan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Kumairoh

Bagikan Artikel: