Presiden Jerman Beri Penghormatan ke Habibie

Presiden Jerman Beri Penghormatan ke Habibie Kredit Foto: Antara/Yudhi Mahatma

Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier berterima kasih kepada Presiden RI ke-3 BJ Habibie, yang disebutnya telah mempertahankan hubungan dekat budaya, tradisi, dan warga Jerman sejak Habibie menjadi mahasiswa di Kota Aachen.

Baca Juga: Turut Berduka Cita, Donald Trump Sebut BJ Habibie Pemimpin Luar Biasa

BJ Habibie diketahui menempuh studi teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di Universitas Teknologi Rhein Westfalen, Aachen, setelah lulus dari Fakultas Teknik Institut Teknologi Bandung.

Bersama istri dan anaknya, Habibie sempat hidup di Jerman selepas kuliah dan bekerja di perusahaan kereta api sekitar tahun 1962.

Pada 1974, ia dipanggil Presiden RI kedua Soeharto untuk pulang ke Indonesia agar "mengurusi negara". Sejak itu, Habibie aktif dalam pemerintahan hingga menjadi presiden dan lengser pada Oktober 1999.

“Jerman berutang banyak padanya. Dia mencapai hal-hal luar biasa dan melakukan lebih dari siapa pun untuk membina hubungan dekat dan hangat antara negara dan rakyat kita,” kata Steinmeier dalam surat duka cita yang dikirimkannya kepada Presiden Jokowi, Jumat.

Atas segala prestasi dan jasanya, BJ Habibie dianugerahi Grand Cross 1st Class of Order of Merit dari Republik Federal Jerman.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini