Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Asian Business Content Summit

Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Asian Business Content Summit Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk forum Asian Business Content Summit (ACBS) yang akan digelar mulai 19 sampai 22 September 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Forum tersebut adalah wujud dari kerja sama Pemerintah Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ministry of Economy, Trade, and Industry (METI) dari negeri sakura, dan Salon Films dari Hongkong.

Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf, Endah Wahyu Sulistianti menyebut acara ini adalah ajang bagi para pelaku industri konten kreatif di wilayah Asia untuk bertemu satu sama lain. ACBS sendiri memiliki misi untuk mengolaborasikan negara-negara di Asia untuk pengembangan industri konten kreatif.

"ACBS ingin menggabungkan negara Asia menjadi sebuah kekuatan dalam bekerja sama mengembangkan industri konten kreatif, terutama di perfilman, animasi, video, musik, dan lain-lain," kata Endah pada konferensi pers yang digelar Bekraf di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga: Bekraf Salurkan Insentif Pemerintah pada 62 Pelaku Ekonomi Kreatif

Sekilas tentang ACBS, forum tersebut sudah berlangsung sejak 2008 yang dijalankan oleh Jepang dan salah satu entitas perfilman asal negeri tirai bambu. Partisipasi Indonesia di dalam forum tersebut disebut Endah sudah dimulai sejak dua tahun lalu.

ACBS yang akan digelar tahun ini akan menjadi ajang bagi pelaku industi konten kreatif untuk membuka relasi dengan pelaku lain lintas negara-negara Asia. Ketua Bidang Advokasi Kebijakan Badan Perfilman Indonesia (BPI) Alex Shihar mengungkapkan bahwa industri perfilman Indonesia memerlukan pasar yang lebih luas agar para pelaku industri film atau konten lebih produktif dalam menghasilkan konten yang mampu bersaing.

Sebelumnya, BPI sendiri sudah bekerja sama dengan Bekraf selama tiga tahun terakhir untuk membantu pelaku industri film melalui Akatara.

"Kerangkanya memang soal akses pemodalan dan bisnis. ACBS ini peluang untuk membuka common market, sehingga dapat membentuk values exchange yang lebih sehat," kata Alex di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Rangkaian acara pada ACBS yang akan digelar selama tiga hari tersebut berisi festival film, konferensi, dan pertemuan antar pelaku industri film dan konten kreatif.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini