Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Bandara AP II Sukses Layani Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji 2019

5 Bandara AP II Sukses Layani Keberangkatan dan Kepulangan Jemaah Haji 2019 Kredit Foto: AP II
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam masa Angkutan Haji 2019, PT Angkasa Pura II (AP II) menyatakan sukses melayani keberangkatan dan kepulangan jemaah haji di lima bandara yang perseroan kelola. Periode kepulangan haji di bandara AP II berlangsung mulai (17/08/2019) hingga (15/09/2019).

VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Angkutan Haji 2019 di lingkungan AP II tidak lepas dari dukungan seluruh pihak terkait.

“Komitmen kuat dari stakeholder membuat penyelenggaraan Angkutan Haji 2019 berjalan sukses dan lancar tanpa kendala berarti. Atas kesuksesan ini, kami berterima kasih kepada maskapai khususnya Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines yang melayani penerbangan haji, lalu ground handling, serta pemerintah dan pihak lainnya,” ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima Redaksi WE Online pada (20/9/2019).

Baca Juga: Jemaah Haji Mulai Dipulangkan, Menteri Agama Minta Maaf

Kesuksesan penyelanggaraan haji pada tahun ini tidak lepas dari inovasi yang diterapkan AP II,khususnya pada periode keberangkatan 7 Juli 2019 – 6 Agustus 2019 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di Soekarno-Hatta, Angkasa Pura II dan pemerintah Arab Saudi menyediakan fasilitas seperti lounge khusus untuk mempermudah dan mempercepat proses keberangkatan calon haji.

Fasilitas lounge yang terletak di Terminal 2D itu berkapasitas 1.500 orang dan dilengkapi dengan 15 loket imigrasi serta pre clearance system untuk percepatan layanan keimigrasian Arab Saudi.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla sempat meninjau fasilitas tersebut saat melepas keberangkatan calon haji pada Juli lalu. Di dalam kesempatan itu, Wapres memuji inovasi tersebut sebagai suatu kemajuan yang dapat mempersingkat birokrasi.

Baca Juga: Ditjen Imigrasi Siapkan Konter Khusus Sambut Kepulangan Jemaah Haji

“Setiap tahunnya Angkasa Pura II selalu berupaya meningkatkan standar pelayanan bagi para calon jemaah haji, baik pada periode keberangkatan mau pun saat kepulangan jemaah haji di Tanah Air,” ujar Yado.

Seluruh total kedatangan Jemaah haji dari lima bandara yang dikelola perseroan berjumlah 93.437 orang dengan 233 kloter. Ada pula bandara-bandara tersebut, yakni Bandara Soekarno-Hatta (64.809 jemaah), Bandara Kualanamu (8.502 jemaah), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (8.493 jemahaan), Bandara Minangkabau Padang (6.985 jemaah), dan Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh (4.648 jemaah).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Clara Aprilia Sukandar

Bagikan Artikel: