Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Penerapan Teknologi Digital Konstruksi, PTPP Gelar Workshop DCHW 2019

Dorong Penerapan Teknologi Digital Konstruksi, PTPP Gelar Workshop DCHW 2019 Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menggelar Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 dalam rangka dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-66. Workshop ini merupakan pendahuluan dari acara Digital Construction Hack (DCH) 2019, yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang, dan merupakan ajang kompetisi programming di dunia konstruksi yang pertama di Asia. 

 

Melalui DCH 2019, PT PP (Persero) Tbk berupaya mendorong percepatan implementasi teknologi digital di sektor konstruksi, yang pada nyatanya  lebih lambat dibandingkan sektor lain. DCH 2019 adalah bagian dari rangkaian acara Digital Construction Day (DCD) 2019. 

 

Setelah sukses diselenggarakan tahun 2017 lalu, DCD 2019 diadakan kembali tahun ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh pada pelaku industri konstruksi akan pentingnya digitalisasi dan smart construction di era Industri 4.0.

 

Digital Construction Hack Workshop (DCHW) 2019 bertujuan memberikan pengetahuan mendalam perihal industri konstruksi Indonesia kepada para calon peserta lomba. Dengan menghadirkan Prasetyo Andi Wicaksono, Product Manager Bukalapak, dan Imre Nagi, Google Developer Expert, sebagai narasumber, antusiasme peserta terhadap workshop pun sangatlah positif, terlihat dari jumlah peserta workshop yang mencapai lebih dari 400 programmer dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga profesional di dunia pemrograman.

 

Baca Juga: Tandatangani PPJT, PTPP Mulai Pembangunan Tol Semarang -Demak

 

Di tahapan berikutnya, pada ajang kompetisi pemrograman Digital Construction Hack (DCH) 2019 di tanggal 16-17 November 2019, para peserta terpilih akan diberikan materi tentang product design, product development, dan UI/UX design oleh mentor-mentor yang berpengalaman. 

 

Peserta lalu ditantang untuk langsung menciptakan solusi kreatif dan inovatif, yang memanfaatkan teknologi digital terkini, untuk menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi di dalam dunia konstruksi. Isu dan tantangan ini, antara lain seperti menciptakan lingkungan kerja dengan Zero Fatalities, mencapai tingkatan kualitas produk No Defect, monitoring material losses, monitoring proses bisnis secara real time, menjaga penyerapan biaya yang sesuai dengan budget, mengurangi waste, dan memastikan komunikasi antar stakeholders dapat berjalan dengan lancar.

 

“Sesuai dengan visi pemerintah dalam pengembangan kualitas SDM Indonesia, Hackathon Competition ini tidak hanya ingin menghasilkan talenta-talenta baru dalam dunia konstruksi digital Indonesia, tapi juga mampu menghasilkan solusi inovatif dan kreatif berbasis teknologi digital. Tidak hanya pemerintah, pelaku dunia konstruksi, para profesional pemrograman, dan komunitas-komunitas start-up juga bisa punya andil besar dalam pembangunan infrastruktur Indonesia,” ujar M. Aprindy, Direktur Strategi Korporasi dan HCM Perseroan, usai membuka acara workshop.

 

Baca Juga: Bangun Empat Pembangkit Listrik, PTPP Sabet Asian Power Awards

 

Acara puncak DCD 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 November 2019 di Hotel Mulia Senayan dengan mengambil tema “Smart Construction in Digital Era”. Acara puncak ini mencakup konferensi  internasional di hari pertama dan parallel workshop pada hari kedua. Materi akan dibawakan oleh para pembicara yang merupakan praktisi global terkemuka di bidang konstruksi dan teknologi digital dari Amerika, Eropa, Asia, dan Australia. Selain itu, Perseroan juga menggelar free exhibition yang menampilkan produk dan teknologi konstruksi digital terkini. 

 

Pemenang Digital Construction Hack 2019 akan diumumkan pula pada acara konferensi DCD 2019. Acara DCD 2019 ini juga sepenuhnya didukung oleh Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN.

 

Keseluruhan acara puncak DCD akan dihadiri lebih dari 100 perusahaan terkemuka di bidang konstruksi, konsultan, developer, maupun manufaktur, dengan peserta lebih dari 1.000 orang, termasuk Kepala Divisi, R&D Manager, Project Manager, Project Oficer, Senior Engineer, profesional terkemuka dalam dunia konstruksi, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki perhatian terhadap dunia konstruksi digital. 

 

Melalui acara ini, peserta dapat menambah wawasan terhadap pemanfaatan smart construction dan perkembangan teknologi pintar bidang konstruksi di era Industri 4.0. Berkaca dari antusiasme peserta DCD 2017 lalu, sharing knowledge perkembangan teknologi digital dunia konstruksi ini menjadi acara yang sangat ditunggu dan menjadi milestone penting dunia konstruksi di Indonesia.

 

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: