6 Tempat di Jakarta Pusat Ini Tawarkan Wisata hanya dengan dengan Rp100.000

6 Tempat di Jakarta Pusat Ini Tawarkan Wisata hanya dengan dengan Rp100.000 Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Selain sebagai pusat pemerintahan Indonesia, Jakarta kerap kali dijadikan tempat berwisata bagi sebagian orang. Salah satu wilayah yang punya beragam atraksi menarik adalah Kota Jakarta Pusat. Mulai dari wisata budaya, pengetahuan, sampai wisata kuliner sayang jika dilewatkan untuk dijelajahi. Menariknya lagi, beberapa destinasi yang dimaksud bisa dikunjungi hanya dengan bermodal uang Rp100 ribu.

Berikut ini, mengutip dari Travelingyuk, tempat-tempat atraksi wisata di Jakarta Pusat yang bisa kamu kunjungi dengan modal uang Rp100 ribu.

Baca Juga: Wisata Keluarga dan Ramah Anak di Palembang? Ke Sini Yuk!

1. Sarapan di Soto Padang H. Mangkuto

Untuk lebih menikmati momen perjalanan, Anda bisa menggunakan transportasi umum commuter line. Sesampainya di Stasiun Juanda, Anda bisa mencari sarapan di Soto Padang H. Mangkuto yang berada di Jalan Pintu Air Raya No. 26 Pasar Baru, Jakarta Pusat. Soto Mangkuto merupakan kuliner Jakarta yang sudah eksis sejak 1966. Sedangkan dari kota asalnya, Padang, Soto Mangkuto sudah berjualan sejak 1942. Untuk semangkuk soto dihargai Rp38 ribuan.

2. Wisata Edukasi di Museum Nasional

Kenyang sarapan Soto Mangkuto, lanjutkan perjalanan Anda ke Museum Nasional. Museum Nasional seringkali dijadikan lokasi pameran dan kegiatan penting karena memiliki banyak sejarah Nusantara. Dengan biaya masuk hanya Rp5 ribu, Anda bisa puas melihat langsung peninggalan sejarah zaman dulu seperti arca-arca, prasasti, fosil zaman pra-sejarah, benda-benda perkembangan ilmu pengetahuan, emas, keramik, dan lainnya. Untuk jam kunjungan museum ini buka antara pukul 08.00-16.00 WIB, kecuali Senin.

3. Makan Siang di Lenggang Jakarta

Setelah lelah berkeliling dari Museum Nasional, jangan lupa makan siang di Lenggang Jakarta. Letaknya hanya sekitar satu kilometer dari Museum Nasional dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau bus tingkat gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang haltenya terletak tepat di depan Museum Nasional.

Lokasi tersebut merupakan area food court yang terletak di pelataran Monas. Menu yang ditawarkan ada berbagai macam, mulai dari nasi goreng, soto, mie ayam, bakso, sate, ketoprak, gado-gado, dan masih banyak lagi. Harga makanan dan minuman di Lenggang Jakarta dibanderol sekitar Rp5 ribu sampai Rp30 ribu.

4. Menjelajah Monas

Tidak hanya main di sekitar Tugu Monas saja, Anda wajib membeli tiket untuk sampai ke puncak. Tiket masuk puncak Monas dijual seharga Rp15 ribu dengan JakCard. Untuk JakCard sendiri bisa dibeli di loket penjualan tiket seharga Rp15 ribu. Hal yang perlu diperhatikan, Anda harus sabar mengantre. Sebab untuk ke puncak Monas, lift yang tersedia hanya satu buah. Biasanya, menjelang sore hari, wisatawan yang datang akan semakin banyak. Namun semua itu akan terbayar dengan indahnya panorama dari puncak Monas.

5. Meneropong Benda Langit di Planetarium

Setelah bersenang-senang di Monas, sempatkan juga untuk datang ke Planetarium yang berada di kawasan Cikini. Di malam-malam tertentu, Planetarium mengadakan kegiatan peneropongan benda langit secara gratis. Namun, pastikan jadwal peneropongan terlebih dahulu di akun media sosial Planetarium. Biasanya dalam satu bulan, Planetarium akan menyediakan 8 kali peneropongan dengan jadwal yang berbeda-beda, mulai pukul 18.30 hingga selesai.

6. Makan Malam di Sepanjang Jalan Cikini Raya

Menutup hari penjelajahan, Anda bisa bersantap malam di warung-warung atau resto yang ada di sepanjang Jalan Cikini Raya. Menunya beragam, mulai dari fast food, nasi padang, hingga street food yang mengenyangkan.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini