Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Peningkatan Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga

Strategi Peningkatan Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan sinergi dalam menyusun strategi penyelenggaraan program perlindungan konsumen dan tertib niaga (PKTN).

Hal ini disampaikannya saat membuka Sinkronisasi Kebijakan Bidang PKTN dengan tema 'Urun Rembuk Strategi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga 5 Tahun ke Depan' di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/9/2019). Kegiatan ini diikuti sekitar 150 peserta dari perwakilan dinas yang membidangi perdagangan dan perlindungan konsumen dari 34 provinsi di Indonesia.

"Kegiatan tahunan ini merupakan forum konsolidasi dan koordinasi para pemangku kepentingan, baik di tingkat pusat maupun daerah, dalam membangun rumusan bersama mengenai langkah strategis penyelenggaraan program PKTN ke depan," ujarnya melalui siaran pers.

Baca Juga: Jelang IA-CEPA, Kemendag Lakukan Ini ke Pelaku Usaha

Menurut Enggar, pemerintah daerah merupakan ujung tombak dalam PKTN sesuai tugas dan kewenangannya.

"Untuk itu, pemerintah daerah diharapkan meningkatkan jaminan kepastian dan keamanan berusaha, peran aktif dalam pengawasan barang beredar dan jasa, serta pengawasan kualitas dan standar produk," lanjutnya.

Dia juga menyampaikan, saat ini tingkat keberdayaan konsumen Indonesia mencapai level mampu (skor 40.41) pada 2018. Nilai ini naik jika dibanding 2017 yang berada pada level paham (skor 33,70). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan perilaku konsumen secara bertahap, yaitu mampu memperjuangkan hak dan kewajibannya.

"Konsumen yang cerdas dan berdaya, otomatis akan mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya. Untuk itu, pelaku usaha dituntut untuk tertib terhadap mutu produk, tertib terhadap ukuran, serta tertib dalam berniaga," tandasnya.

Direktur Jenderal PKTN Veri Anggrijono menambahkan, Ditjen PKTN memiliki ruang lingkup tugas yang besar dan beragam dalam menjamin tertib mutu, tertib ukuran, dan tertib niaga.

"Tugas ini penting untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada konsumen. Ke depan, tugas pemerintah pusat dan daerah akan semakin bertambah dengan adanya kebijakan pengawasan di luar kawasan pabean (post border)," imbuhnya.

Veri berharap, kegiatan ini akan menghasilkan rumusan kebijakan dan rencana kerja tahun 2020, serta rencana strategis Ditjen PKTN periode 2020-2024 yang mengakomodasi seluruh masukan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah.

Baca Juga: Ini Saran Kemendagri untuk Ibu Kota Baru

"Diharapkan seluruh peserta memberikan masukan konstruktif untuk menghasilkan kesamaan persepsi dan program kerja yang tepat sasaran. Selain itu, menghasilkan kebijakan yang positif untuk lima tahun ke depan dalam pelaksanaan perlindungan konsumen nasional," pungkas Veri.

Pada kegiatan ini diselenggarakan diskusi panel dengan narasumber Mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman, serta Akademisi Megawati Simanjuntak. Selain itu, diselenggarakan sesi survei aspirasi daerah untuk menghimpun aspirasi pemerintah daerah dalam menyusun Rencana Strategis Ditjen PKTN periode 2020-2024.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: