Diklaim Kanibal, Galaksi Ini Bakal Lahap Bimasakti...

Diklaim Kanibal, Galaksi Ini Bakal Lahap Bimasakti... Kredit Foto: NASA. JPL-CALTECH

Andromeda, galaksi spiral raksasa yang menjadi tetangga Bimasakti selama ini diklaim oleh sekelompok astronom merupakan galaksi kanibal. Pasalnya, Andromeda kerap melahap galaksi-galaksi kecil di sekitarnya.

Kendati demikian, Dr. Dougal Mackey dari Universitas Nasional Australia dan Profesor Geraint Lewis dari Universitas Sydney mengatakan, galaksi kanibal merupakan peristiwa yang umum terjadi di alam semesta.

Keduanya melaporkan hasil analisis yang telah dikerjakan selama hampir satu dekade terakhir mengenai jalur aliran bintang dalam wilayah halo Andromeda, sebuah wilayah di mana banyak bintang-bintang yang mengelilingi galaksi.

Baca Juga: Gawat! 3 Blackhole Ini Bakal Tabrakan, Akibatnya . . . .

Dilansir dari IFL Science, Dougal Mackey dan Geraint Lewis rupanya mengidentifikasi adanya dua jalur aliran bintang yang terpisah sejak miliaran tahun lalu. Bintang-bintang dalam dua aliran ini juga teramati bertemu di sudut tertentu.

"Kami seperti seorang arkeolog kosmis yang sedang menggali fosil-fosil bagaimana galaksi terbentuk," ucap Geraint Lewis.

Dougal Mackey menambahkan bahwa dua aliran bintang ini berasal dari galaksi-galaksi kecil yang dilahap Andromeda. Galaksi-galaksi kecil itu berakhir dengan jarak yang terlalu dekat dengan Andromeda sehingga tarikan gravitasinya yang kuat menyedot galaksi-galaksi kecil tadi.

Menurut pengamatan melalui satelit Gaia milik ESA (European Space Agency), Andromeda diprediksi juga akan menelan Bimasakti pada 4,5 miliar tahun mendatang. Namun menurut para astronom, proses Andromeda saat melahap Bimasakti akan sangat berbeda.

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Begini Rupa dan Cara Blackhole Bekerja!

Galaksi yang Andromeda lahap selama ini diperkirakan memiliki massa hanya sepersepuluh dari massa total Andromeda, sementara Bimasakti memiliki massa setengah dari massa Andromeda. Oleh karena itu, ketika Andromeda dan Bimasakti bertemu, peristiwa tabrakan ini akan menghancurkan struktur spiral masing-masing galaksi dan akan menciptakan galaksi elips.

Penemuan ini menunjukkan bahwa galaksi-galaksi yang telah lama hilang juga pernah terletak di bidang alam semesta yang sama sebelum dilahap oleh Andromeda.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan