Lagi, Drone Buatan Iran Ditembak Jatuh Militer Yaman

Lagi, Drone Buatan Iran Ditembak Jatuh Militer Yaman Kredit Foto: Foto/Istimewa

Sebuah pesawat nirawak atau drone yang diyakini milik Iran ditembak jatuh militer Yaman pada Minggu (6/10/2019). Usai ditembak, drone jatuh di barat laut Provinsi Hajjah. Seperti disitir dari Al Arabiya, sebuah sumber militer mengatakan, pesawat nirawak itu sedang dalam misi untuk memeriksa daerah itu.

Sejak awal tahun hingga saat ini terhitung sudah delapan drone dari jenis yang sama berhasil dihalau oleh militer ketika terbang di atas Provinsi Hajjah. Banyak dari pesawat nirawak itu terbang dengan dipenuhi bahan peledak dan diluncurkan ke lingkungan perumahan.

Satu hari sebelumnya, militer Yaman juga menyatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak milik milisi Houthi yang didukung Iran. Pesawat tak berawak itu diketahui mengintai posisi tentara Yaman di Distrik Hiran, Provinsi Hajjah. Pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan, pesawat tak berawak itu buatan Iran.

Baca Juga: Iran Keluarkan Sikap Dukung Houthi, Yaman Mengecam

Houthi telah mengintensifkan drone bermuatan bahan peledak dan pesawat pengintai mereka. Menurut panel ahli PBB, drone tersebut dibuat oleh sumber-sumber di luar negeri dan dikirim ke Yaman. Para ahli menyimpulkan bahwa drone memiliki kesamaan dengan kendaraan udara tak berawak "Ababil-T" buatan Iran.

Sebelumnya, Menteri Informasi Yaman, Muammar Al-Iryani melemparkan kecaman keras atas Iran. Kecaman ini dilontarkan setelah Teheran mengakui bahwa mereka mendukung milisi Houthi. Pengakuan itu disampaikan oleh Kepala Staff Angkatan Bersenjata Iran, Mayjen Mohammad Bagheri.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini