Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung 'From Local Go Global', Kemendag Dorong Daya Saing Produk Lokal

Dukung 'From Local Go Global', Kemendag Dorong Daya Saing Produk Lokal Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, menyatakan bahwa Kementerian Perdagangan mendukung program “From Local Go Global” yang diinisiasi Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Program tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan penggunaan produk-produk Indonesia, baik di dalam dan luar negeri.

Ragkaian program "From Local Go Global" berlangsung pada 6—11 Oktober 2019 di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta dan terselenggara atas kerja sama Kadin dengan PT Sarinah. Program "From Local Go Global" didukung berbagai pelaku usaha lokal yang bergerak di bidang pemasaran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag Dorong Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk...

Rangkaian program kegiatan yang berlangsung meliputi bazar produk Indonesia, peresmian "Indonesia E-Commerce Marketplace Go Global", dan gelar wicara.

"Pemerintah mengajak pelaku usaha untuk bersama-sama mendukung kemajuan dan meningkatkan daya saing produk lokal agar bisa berkompetisi dengan produk impor,” ujar Mendag dalam keterangan tertulis yang didapat di Jakarta, (7/10/2019).

Selain itu, lanjut Mendag, seiring perkembangan digital, pemerintah juga terus mendorong para pelaku usaha memperkuat komitmen untuk menyeimbangkan komposisi jumlah produk lokal di pasar daring. "Hal ini penting dilakkukan karena masih banyak produk-produk dari luar negeri yang diperdagangkan secara daring. Untuk itu, dibutuhkan komitmen kuat para pelaku usaha agar produk-produk dalam negeri juga dapat merajai pasar daring,” tegas Mendag.

Peningkatan komposisi produk lokal dalam perdagangan daring, lanjut Mendag, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan perekonomian nasional. Salah satu cara untuk mencapai keseimbangan ini, yaitu dengan mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memanfaatkan platform daring untuk menemukan pembeli dari mancanegara.

"Sebenarnya, produk-produk Indonesia banyak diminati pembeli mancanegara. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan strategi pemasaran yang tepat melalui platform daring, para pelaku UMKM dapat meraih peluang pemasaran yang lebih besar,” imbuh Mendag.

Pada pembukaan acara tersebut, hadir Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan-Benny Soetrisno, Ketua Panitia Program Terpadu Peningkatan Penggunaan Produk Indonesia "From Local Go Global"-Handito Joewono, Direktur Perdagangan dan Properti mewakili Direktur Utama Sarinah Indyruwani-Asikin Natanegara, serta para pejabat Eselon I dan II Kemendag.

"Peningkatan perdagangan barang produksi dalam negeri oleh platform daring harus tumbuh bersama atas inisiasi pelaku usaha sendiri. Kemendag siap mendukung komitmen para pelaku usaha dalam hal tersebut,” pungkas Mendag.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Puri Mei Setyaningrum
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: