Resmi Dibuka, Ini Game yang Ditandingkan di Piala Presiden Esports 2020

Resmi Dibuka, Ini Game yang Ditandingkan di Piala Presiden Esports 2020 Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Rangkaian turnamen e-sports kasta tertinggi di Indonesia, Piala Presiden Esports 2020, resmi bergulir. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Piala Presiden Esports setelah ajang perdananya meraih sukses pada awal tahun ini.

Tahapan dimulai dengan seremoni Kick Off Piala Presiden Esports 2020 yang digelar di Tennis Indoor Stadium, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019). Kegiatan ini juga digelar bersamaan dengan babak Grand Final Turnamen Free Fire Indonesia Masters Season 2.

Piala Presiden Esports 2020 tidak terlepas dari dukungan pemerintah terhadap e-sports melalui kolaborasi antara Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga: Miris! Gegara Dukung Pembebasan Hong Kong, Atlet E-Sport Ini Terancam!

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports, Giring Ganesha mengatakan, Piala Presiden Esports 2020 merupakan komitmen bersama pemerintah dengan berbagai pihak untuk mengembangkan dan memajukan e-sports di Indonesia.

"Hari ini secara resmi kita memulai seluruh rangkaian Piala Presiden Esports 2020. Dengan harapan besar, e-sports dan atlet-atletnya akan terus berkembang dan membawa prestasi bagi bangsa. Kita menunjukan dan membuktikan bahwa dalam e-sports, Indonesia bisa dan Indonesia juara!" jelas Giring, Minggu (13/10/2019).

Berbeda dengan gelaran perdana, ada peningkatan level turnamen dalam Piala Presiden Esports 2020. Dari sebelumnya merupakan kejuaraan nasional yang diikuti atlet-atlet e-sports Tanah Air, kali ini meningkat menjadi level regional Asia Tenggara.

Sejumlah atlet e-sports negara-negara tetangga, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja, akan ikut berkompetisi.

Giring memastikan Piala Presiden Esports 2020 mempertandingkan beberapa game, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang internasional untuk karier atlet e-sports Indonesia, satu game kasual Mobile Premier League dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

Baca Juga: Pecinta Game dan E-Sports Wajib Datang, ExGCon Segera Digelar Tahun Ini!

Game nasional di Piala Presiden Esports 2020 diharapkan membuka ruang dan menjadi trigger bertumbuhnya industri game asli Indonesia. Saat ini ada lima game nasional yang telah lolos tahap kurasi pertama. Nantinya, hanya satu game yang akan terpilih di tahap kurasi kedua dan kemudian dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020.

Kelima game tersebut adalah Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini