Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Skenario Tim Jika Ingin Lolos Putaran Final Piala Eropa 2020

Begini Skenario Tim Jika Ingin Lolos Putaran Final Piala Eropa 2020 Kredit Foto: (Foto: UEFA)
Warta Ekonomi, Warsawa, Polandia -

Polandia menjadi negara keempat yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Meski masih menyisakan tiga pertandingan, langkah Polandia untuk menemani Belgia, Italia dan Rusia tak tertahankan.

Dengan sisa pertandingan yang ada, beberapa tim masih berpeluang untuk tampil di putaran final event yang tahun ini akan mengusung format berbeda. Kali ini UEFA tak menjadikan satu atau dua negara menjadi tuan rumah. Untuk perhelatan Piala Eropa 2020 kali ini, otoritas sepak bola Eropa itu akan melibatkan 12 negara (Azerbaijan, Denmark, Inggris, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Rep Irlandia, Rumania, Rusia, Skotlandia, Spanyol).

Nantinya, UEFA hanya akan menjaring 20 negara (juara dan runner up grup) ditambah empat negara hasil playoff. Menariknya, dari negara yang sudah ditunjuk sebagai tuan rumah, seperti Inggris, Jerman dan Belanda, masih berjibaku memperebutkan tempat di putaran final. Lalu, seperti apa skenario tim-tim untuk bisa lolos? Berikut uraiannya, seperti dikutip ESPN, Senin (14/10/2019):

Baca Juga: Jelang Hadapi Bulgaria di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Kapten Timnas Inggris Bilang. . .

Grup A

Inggris

Inggris dan Rep Ceko jadi dua negara yang paling berpeluang lolos setelah keduanya menempati posisi dua besar. Namun dibandingkan Rep Ceko, posisi Inggris kurang menguntungkan di mana mereka harus bisa mengalahkan Bulgaria, Selasa (15/10/2019) dinihari, jika ingin memelihara peluang. Tapi kemenangan atas Bulgaria itu pun masih tergantung hasil laga lainnya yang mempertemukan Kosovo versus Montenegro.

Jika Kosovo bisa meraih tiga angka, persaingan untuk memperoleh tiket putaran final dipastikan akan berlangsung sampai pertandingan terakhir.

Rep Ceko

Posisi mereka saat ini posisi yang sangat kuat dan dapat lolos. Mereka bisa merayakan pesta di kandang sendiri kalau berhasil menumbangkan Kosovo pada 15 Oktober mendatang.

Grup B

Ukraina

Satu-satunya poin yang hilang diperoleh Ukraina kertika bermain imbang 0-0 di Portugal. Peluang mereka untuk bisa ke putaran final sangat ditentukan pada pertandingan, Selasa (15/10/2019) dinihari ini saat menjamu Portugal.

Portugal

Portugal berpeluang menemani Ukraina ke putaran final. Cristiano Ronaldo Cs membutuhkan maksimal lima angka. Peluang menambang angka itu datang ketika mereka menjamu Lithuania dan bertamu ke Luksemburg. Kalau hal tersebut terjadi, Portugal dipastikan baru bisa mendapatkan tiket putaran final di bulan depan.

Serbia

Peluangnya sangat tipis. Mereka pun mendapatkan lawan berat di laga akhir ketika menjamu Ukraina. Kalau mereka ingin lolos, tiga pertandingan harus bisa dimenangkan.

Grup C

Belanda

Peluang Belanda untuk lolos otomatis nyaris tertutup. Irlandia Utara hampir saja memenangkan pertandingan kalau saja Belanda tak membalikkan keadaan di 15 menit terakhir. Peluang Belanda lolos ditentukan jika Tim Oranye bisa mengalahkan Irlandia Utara di Belfast pada 17 November mendatang.

Jerman

Raihan poin Jerman sama dengan Belanda, 15 poin. Kedua negara ini akan lolos jika mereka bisa mengalahkan lawan masing-masing.

Irlandia Utara

Tertinggal tiga poin di belakang Belanda dan Jerman, Irlandia Utara bisa menjadi pesaing yang tak bisa dipandang remeh. Meski berat, kalau Irlandia Utara bisa menambang dua kemenangan saat menghadapi Belanda dan Jerman, maka skenario dari Grup C ini bisa berubah.

Bisa saja di akhir kualifikasi, Belanda, Jerman dan Irlandia Utara sama-sama mengumpulkan poin yang sama. Jika itu terjadi, selisih gol dan head to head akan jadi penentu.

Grup D

Rep Irlandia

Hasil imbang melawan 0-0 melawan Georgia, membuat Rep Irlandia berada di posisi atas klasemen bersama Denmark. Mereka akan coba menambang angka, kalau berhasil meraup poin sempurna dari Swiss, Rep Irlandia dipastikan menggenggam tiket putaran final.

Hanya kemenangan yang membuat Rep Irlandia otomatis lolos. Namun jika imbang apalagi sampai kalah dari Swiss, maka pertarungan melawan Denmark pada 19 November yang akan jadi penentu. Kalau kemenangan bisa diperoleh saat bentrok dengan Denmark, Rep Irlandia dipastikan lolos kecuali Swiss bermain imbang dengan Georgia.

Denmark

Kemenangan atas Swiss sangat berarti buat Denmark. Hasil tersebut memberi mereka keunggulan head-to-head atas Swiss. Ini berarti jika Swiss dan Irlandia Rep bermain imbang, Denmark makin terbuka buat lolos. Syaratnya Denmark harus menang atas Gibraltar pada 16 November.

Grup E

Kroasia

Memimpin dengan 14 poin, memberikan jaminan buat Kroasia untuk lolos jika menang atas Slovakia pada 17 November mendatang.

Hongaria

Peluang masih tetap ada pada Hongaria yang saat ini sudah mengumpulkan 12 poin. Untuk lebih aman, Hongaria harus menyapu kemenangan di pertandingan tersisa.

Slovakia

Ada di urutan ketiga dengan 10 poin, Slovakia akan menghadapi perjalanan yang sulit ke Kroasia. Berharap bisa meraih tiga angka, Slovakia tinggal mengalahkan Azerbaijan untuk bisa berlaga di putaran final.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: