Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Saat Kuliner Indonesia Unjuk Gigi, Mau Genjot Capaian TEI 2019

Saat Kuliner Indonesia Unjuk Gigi, Mau Genjot Capaian TEI 2019 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kuliner nusantara di Pameran Pangan Nusa kembali hadir di Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang berlangsung pada 16-20 Oktober 2019 di Aula 1 dan Aula 10 ICE BSD, Tangerang, Banten. Kuliner Indonesia yang kaya ragam dan disegani ini berpotensi menyumbang peningkatan capaian TEI 2019.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bilang, kehadiran aula khusus kuliner dan pangan nusantara di TEI 2019 merupakan kesempatan emas mempromosikan makanan nusantara kepada buyers asing.

"Kami sangat yakin pangan nusantara juga mampu menyumbang capaian yang cukup besar, bahkan melampaui capaian tahun lalu," ungkapnya pada peresmian Pameran Pangan Nusa, hari ini (16/10/2019).

Baca Juga: Indonesia Siap Teken 84 MoU dengan 25 Negara di TEI 2019

Tahun ini, Kementerian Perdagangan berpartisipasi menghadirkan 96 stan dan memfasilitasi 219 pelaku UKM pangan dan/atau kuliner siap saji dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Para pelaku UKM tersebut sebelumnya telah dikurasi dinas yang membidangi perdagangan di tiap provinsi.

"Area kuliner dan pangan nusantara tidak hanya menyediakan kuliner dan pangan yang dapat dinikmati langsung pengunjung, tetapi juga akan memberikan edukasi dan informasi mengenai pangan yang sehat dan bergizi sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," jelas Enggar.

Menurutnya, selain sebagai sarana promosi, Pangan Nusa 2019 dapat menjadi pembelajaran para pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produk kulinernya kepada buyers asing. Selain itu, sebagai ajang pertukaran informasi untuk memperluas jaringan mengingat pelaksanaannya yang bersamaan dengan TEI 2019.

"Para pelaku usaha juga diharapkan memanfaatkan Pangan Nusa dan melihat peluang ekspor produk kuliner Indonesia ke mancanegara," imbuh Enggar.

Baca Juga: Ada yang Baru di TEI Kali Ini, Apa Tuh?

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto berharap TEI 2019 dapat mendulang sukses seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kami harap TEI 2019 mencatatkan capaian yang spektakuler seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Suhanto.

Pada TEI 2018, kuliner Pangan Nusa sukses mencatatkan transaksi Rp6,2 miliar. Transaksi tersebut terdiri atas transaksi kuliner sebesar Rp1,6 miliar dan percobaan pemesanan sebesar Rp4,6 miliar untuk produk wine dari Bali dan Sulawesi Utara.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: