Orbit Habibie Festival: Pesan dan Warisan BJ Habibie untuk Bangsa

Orbit Habibie Festival: Pesan dan Warisan BJ Habibie untuk Bangsa Kredit Foto: Foto/Sindonews

Tahun ini menjadi kali ketujuh Orbit Habibie Festival diselenggarakan sejak 2016. Awalnya acara tersebut merupakan kado ulang tahun untuk Presiden Republik Indonesia ketiga BJ Habibie.

Ketua Panitia Orbit Habibie Festival, Haris Abdullah mengatakan bahwa Habibie Festival dirancang sebagai hadiah ulang tahun ke-80 dari Ilham Habibie untuk ayahnya. Namun, melihat animo pengunjung yang makin naik, BJ Habibie pun berpesan untuk melanjutkan penyelenggaraan.

"Habibie Festival ini, kapan pun dan di mana pun, walaupun saya sudah tidak ada, mohon terus dijalankan. Karena ini bukan untuk saya, tapi untuk masa depan bangsa," ujar Haris mengutip pesan dari BJ Habibie di JIEXPO Kemayoran, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga: Orbit Habibie Festival: Ruang Apresiasi bagi Habibie melalui Kreasi

Kenaikan animo pengunjung disebut Haris melonjak drastis dari perkiraan. Ketika perkiraan pengunjung pada pertama kali Habibie Festival digelar hanya di angka 8 ribu pengunjung, rupanya yang datang mencapai 56 ribu pengunjung.

Haris menyebut, BJ Habibie memiliki perhatian yang tinggi kepada sumber daya manusia yang terbarukan. Melalui ajang ini, diharapkan perhatian Presiden Republik Indonesia ketiga tersebut mampu disalurkan, kendati dirinya telah berpulang.

"Pidato di berbagai jenis acara, beliau (BJ Habibie) belakangan ini selalu bicara mengenai sumber daya manusia yang terbarukan. Yang mana itu merupakan juga tujuan kami menyelenggarakan Habibie Festival," kata Haris.

Acara Orbit Habibie Festival 2019 akan digelar selama tiga hari mulai hari ini hingga 19 Oktober 2019. Dalam acara Habibie Festival ini, pengunjung dapat menikmati beragam inovasi di bidang teknologi digital yang disajikan putra-putri bangsa.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini