Dorong Pengembangan SDM Unggul, Aperti BUMN Ganti Baju

Dorong Pengembangan SDM Unggul, Aperti BUMN Ganti Baju Kredit Foto: BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mendorong BUMN bersinergi mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air. Dukungan tersebut salah satunya melalui pendirian BUMN Universities, yang merupakan bentuk transformasi dari Aliansi Perguruan Tinggi (Aperti) BUMN.

Hal ini diungkapkan Menteri Rini saat menyaksikan langsung penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pembentukan BUMN Universities yang dilakukan di Kantor Pusat PT Jasa Raharja di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Aperti BUMN bersama Kementerian BUMN membuat nota kesepahaman dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarat, yang dilaksanakan dalam bentuk perjanjian kerja sama antara aliansi dengan Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri dan dengan BUMN-BUMN yang menaunginya.

Baca Juga: 10 BUMN Mau Terbangkan Merpati Airlines (Lagi), Bantu Kelola Bisnis. . .

Dengan kerja sama ini diharapkan Kementerian BUMN mendukung kampus-kampus naungan BUMN untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dan memberikan kontribusi untuk menyediakan SDM unggul Indonesia Maju yang sejalan dengan misi Presiden Joko Widodo.

"Selama ini kan kita masih terpecah-pecah. Masing-masing BUMN punya universitas sendiri. Ini yang mendorong saya melakukan transformasi di mana kita bersatu, harus di bawah satu payung, tinggal nanti dibagi per fakultas. Kualitas tenaga pendidik juga kita tingkatkan sehingga kita bisa mencetak SDM unggul dan berkualitas," ungkap Rini.

Pada 2017, perguruan tinggi di bawah BUMN membentuk Aperti BUMN. Tujuannya, untuk meningkatkan sinergi berbentuk sharing resources di antara anggota aliansi dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini