Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kopi Puntang Jabar Sabet Juara 1 Indonesia Cupping Kontes 2019

Kopi Puntang Jabar Sabet Juara 1 Indonesia Cupping Kontes 2019 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kopi Puntang kategori Arabica natural asli Kabupaten Bandung Jawa Barat dinobatkan sebagai juara 1 dalam kejuaraan tingkat nasional ‘Indonesia Cupping Contest XI 2019’ mengalahkan pesaingnya kopi Kerinci Jambi, kopi Gayo Aceh, kopi Mandailing dan kopi Kintamani.

Kopi Puntang kategori arabica natural dinyatakan unggul dalam tingkat keasaman (acidity), kekentalan (body), aroma (fragrent), tingkat kemanisan (sweetnes), rasa (flavor), bersih (clean) dan after taste.

Cupping kontes sendiri diselenggarakan pada 17-19 Oktober 2019 yang diikuti 572 peserta se-Indonesia. Kopi Puntang kategori arabica natural disebut telah mendapatkan skor 90,75 yang dinobatkan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). 

Owner Kopi Puntang, Irwan S Komaludin menjelaskan, persaingan kejuaraan ini diikuti dengan persiapan satu tahun mulai dari treatment pohon kopi, pemilihan biji chery, pencucian (washing), penjemuran dan penyortiran biji yang seragam.

“Itu semua dilakukan dengan cermat, misalnya waktu pemilihan biji itu kita selektif untuk mendapatkan buah chery dengan warna merah sempurna seragam. Bahkan di tahap washing pun harus pake air langsung dari mata air agar rasa tidak terkontaminasi,” kata Irwan di Kedai Kopi Puntang, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

Baca Juga: Genjot Ekspor, Kemendag Siap Permudah Prosedur Izin Ekspor Kopi

Baca Juga: Buka Layanan Lakupandai di Klungkung, Bukopin Sosialisasikan Serunya Nabung

Irwan menyebutkan kejuaraan tersebut melibatkan juri profesional level Internasional diantaranya Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, India, Thailand, Vietnam. Untuk juri dari Indonesia yaitu Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Kementrian Perdagangan dan praktisi bisnis kopi.

“Kita bikin lima gelas kopi tubruk menjadi satu paket semple yang langsung diuji oleh juri dari dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Irwan menambahkan, kopi puntang menjadi perhatian Pemerintah Daerah untuk dijadikan produk unggulan, makka ke depan kualitasnya akan terus meningkatkan ditingkatkan.

“Bisa dibilang Puntang itu ada sentimen negatif bahwa kemarin itu kebetulan aja karena kopi puntang milik pengusaha lain pernah menang di Amerika. Banyak persepsi seperti itu, jadi ke depannya harus lebih berinisiatif memajukan produk daerah,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Kopi Puntang jenis Arabica Natural ini dikembangkan sejak 2015 dengan pengolahan terintegrasi mulai dari petani, penyortiran biji kopi, roasting dan packing

"Pengembangan brand lokal kopi puntang yang tengah dijalankan saat ini yaitu Puntang Coffee @puntang.coffee, Diman Coffee @dimancoffee, Kopi Ori @kopiori.id dan Mako Coffeeshop," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: