Hanya di Venezuela! Warga Bisa Beli BBM dengan Rokok

Hanya di Venezuela! Warga Bisa Beli BBM dengan Rokok Kredit Foto: Associated Press/New York Post

Venezuela adalah satu negara dengan harga bahan bakar minyak (BBM) termurah di dunia. Pasalnya, pemerintah Venezuela tidak main-main dalam mensubsidi BBM. Pemilik kendaraan bermotor bisa mengisi penuh tanki bahan bakar hanya dengan membayar kurang dari satu sen dolar Amerika Serikat (AS).

Akan tetapi, kini semua kenikmatan itu sirna. Kondisi ekonomi yang carut marut membuat mereka harus membeli BBM dengan makanan, permen, bahkan dengan sebatang rokok. Kondisi yang mengkhawatirkan itu terjadi karena hiperinflasi yang menyebabkan mata uang Venezuela, Bolivar, sulit ditemukan dan membuat beberapa nilainya sama sekali tidak berharga.

Tanpa uang tunai itulah, pemilik kendaraan kerap kali menyerahkan satu tas nasi, minyak goreng atau apa pun yang dapat diterima petugas pompa bensin. 

Baca Juga: Dapat 105 Suara, Venezuela Terpilih Duduk di Kursi Dewan HAM PBB

"Anda bisa membayar dengan rokok," kata Orlando Molina, mengisi subcompact Ford Ka di Caracas.

"Bukan rahasia bagi siapa pun bahwa itu tidak ada artinya," imbuhnya seperti dikutip dari AP, Rabu (23/10/2019).

BBM sangat murah sekali sehingga petugas SPBU tidak tahu harganya. Pengemudi cukup melambaikan tangan tanpa membayar apa-apa.

Penduduk Caracas, Maria Perez, satu hari baru-baru ini mengisi BBM dengan menyerahkan kepada petugas SPBU setara dengan satu sen, pecahan terkecil yang dimilikinya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini