Kesiapan Operator untuk Konsolidasi di Era Menkominfo Baru

Kesiapan Operator untuk Konsolidasi di Era Menkominfo Baru Foto: Bernadinus Adi Pramudita

Suksesi jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ke Johnny Gerard Plate meninggalkan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Menkominfo baru. Salah satunya adalah konsolidasi operator telekomunikasi.

Wakil Direktur PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri, Danny Buldansyah, mengatakan bahwa operator sebetulnya sudah siap terhadap usulan pemerintah agar operator melakukan konsolidasi untuk menciptakan efisiensi bisnis. "Operator siap untuk konsolidasi. Saya yakin semuanya siap untuk konsolidasi," ujar Danny di Gedung Kominfo, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga: Sepak Terjang Johnny G Plate, RI 37 yang Baru

Meski begitu, tidak dimungkiri oleh Danny, ada beberapa pertimbangan yang diperhitungkan oleh operator terhadap rencana konsolidasi ini. "Tapi barang kali kan kalo yang namanya konsolidasi ada yang mau, ada yang bersedia untuk menjual, ada yang bersedia untuk membeli, atau ada  yang bersedia untuk konsolidasi. Tergantung dari value-nya kan. Nah, ini saja yang kita siapkan," tambahnya.

Menurutnya, asal pemerintah sudah menyiapkan aturan, regulasi, dan ketentuan bagaimana konsolidasi akan dijalankan, ia menyebut operator siap untuk berkonsolidasi. "Yang penting dari pemerintah sudah disiapkan aturan-aturan atau rules-nya bagaimana jika konsolidasi itu terjadi," pungkasnya.

Sementara itu, Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara, mengatakan alasan mengapa konsolidasi operator tidak selesai di masa jabatannya. Ia mengungkapkan bahwa adanya ego dari masing masing operator yang membuat proses konsolidasi berlangsung lama.

"Nanti kalau konsolidasi siapa yang jadi mimpin, saya atau dia, kan itu. Terus kalau valuasinya berapa. Kalau masalah frekuensi nggak jadi isu karena sekarang kita nambah terus frekuensi," ujarnya ketika ditemui di rumah dinasnya di Widya Chandra V/27, Kamis (17/10/2019).

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini