Indonesia Resmi Tuan Rumah, 24 Negara Jadi Peserta Piala Dunia U20 2021

Indonesia Resmi Tuan Rumah, 24 Negara Jadi Peserta Piala Dunia U20 2021 Kredit Foto: Antara/Yusran Uccang

Sebanyak 24 negara akan ambil bagian di Piala Dunia U20 2021 yang digelar di Indonesia. Jumlah 24 negara itu berasal dari enam konfederasi, yakni UEFA (Eropa), AFC (Asia), OFC (Oseania), CAF (Afrika), CONMEBOL (Amerika Selatan) dan CONCACAF (Amerika Utara dan Tengah).

AFC dan UEFA merupakan konfederasi yang paling banyak mengirimkan wakil di putaran final Piala Dunia U20 2021, yakni masing-masing lima negara. Sebenarnya AFC hanya mendapatkan jatah empat wakil. Hanya saja, berhubung Indonesia menjadi tuan rumah, kuota Asia pun mendapat penambahan.

Selain itu, CAF, CONMEBOL, CONCAFAF, masing-masing memiliki empat wakil. Kemudian, Oseania mendapatkan jatah dua negara. Nantinya, 24 negara yang dipastikan lolos ke putaran final akan dibagi ke dalam enam grup yang masing-masing grupnya berisikan empat tim.

Baca Juga: Resmi, Piala Dunia U20 2021 Bakal Dihelat di Indonesia

Juara dan runner-up grup yang berjumlah 12 negara dipastikan lolos ke babak 16 besar. Kemudian, empat tim sisanya adalah empat tim yang menduduki peringkat tiga terbaik. Potensi Timnas Indonesia U19 berjaya di ajang ini cukup terbuka.

Sebab, wakil-wakil Asia memiliki pengalaman apik saat tampil di Piala Dunia U20. Semenjak turnamen digelar pada 1977, sudah tiga kali tim-tim Asia menyelesaikan turnamen di posisi dua.

Qatar menjadi tim pertama yang melakukannya dengan finis runner-up pada 1981. Saat itu di partai puncak, tim asal Asia Barat tersebut tumbang 0-4 dari Jerman Barat. Kemudian pada 1999, Jepang kalah 0-4 dari Spanyol. Terbaru, Korea Selatan kalah 1-3 dari Ukraina pada final Piala Dunia U-20 2019 yang digelar di Polandia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini