Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kuartal III/2019, SBI Raih Kinerja Positif

Kuartal III/2019, SBI Raih Kinerja Positif Kredit Foto: SBI
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) mengumumkan kinerja keuangan perusahaan hingga 30 September 2019 positif. SBI membukukan laba sebesar Rp7,7 triliun dari sebelumnya Rp7,6 triliun pada periode yang sama tahun 2018, naik 2,23%. Volume penjualan SBI naik sebesar 2.27%.

Di sisi lain, laba bruto SBI meningkat 37,71% dan EBITDA melonjak hingga 68,82%. Biaya operasional turun 10,47% dikontribusikan oleh penurunan pada beban distribusi 3,08% dan penurunan beban penjualan 47,68%.

Baca Juga: Ganti Baju, SBI Ubah Nama Holcim Jadi Dynamix

Keberhasilan di atas tidak lepas dari sinergi yang dilakukan SBI dengan Semen Indonesia. Sejak bergabung dengan Semen Indonesia pada bulan Februari 2019, meskipun pasar masih mengalami tekanan karena kelebihan pasokan, SBI terus memperbaiki kinerja keuangan perusahaan dengan memperkecil kerugian secara bertahap, hingga pada akhir September berhasil kembali mencatatkan laba.

Sesuai data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), konsumsi semen nasional hingga kuartal III/2019 mengalami perlambatan -2% menjadi 48,7 juta ton. Meskipun demikian, potensi peningkatan kebutuhan pasar terlihat pada segmen semen kantong khususnya di Jawa Barat, Yogyakarta, Sulawesi, dan wilayah Timur Indonesia. Sementara itu, ekspor mengalami kenaikan 15,38% menjadi 4,7 juta ton.

Beragam upaya yang dilakukan oleh perusahaan seperti peningkatan utilisasi pabrik dan program transformasi biaya mampu memberi kontribusi pada total penurunan beban pokok pendapatan sebesar 5,47%. Laba Sebelum Bunga dan Pajak Penghasilan tercatat mencapai Rp665 milyar, dibandingkan kerugian pada periode yang sama tahun 2018. SBI juga mampu bangkit dari keterpurukan sejak tahun 2015 dan berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp134 milyar jika dibandingkan kerugian yang dialami pada tahun-tahun sebelumnya.

Setelah meluncurkan Dynamix sebagai merek baru pada akhir September lalu, SBI kini gencar melakukan komunikasi dan sosialisasi kepada seluruh pelanggan dan para pemangku kepentingan melalui beragam program. Ke depan, SBI akan terus fokus untuk melanjutkan tren positif ini guna terus memperbaiki kinerja keuangan dengan memperkuat fundamental operasional, serta fokus pada program-program penambahan nilai untuk konsumen baik dari produk, solusi, maupun layanan pelanggan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: