Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Beri Penghargaan pada Lima Karya Ilmiah Terbaik di LKISSK 2019

BI Beri Penghargaan pada Lima Karya Ilmiah Terbaik di LKISSK 2019 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKISSK) 2019 yang berlangsung Maret hingga Agustus 2019. Pada tahun ini, sebanyak 102 paper bersaing memperebutkan lima paper terbaik sebagai finalis. Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial, Retno Ponco Windarti, menuturkan, LKISSK merupakan sarana bank sentral dalam memperkuat kebijakan berbasis riset.

"Melalui Lomba Karya Ilmiah, BI berupaya untuk menggali berbagai masukan terkait ide riset dari para akademisi. Sejak pertama kali diselenggarakan hingga saat ini, kegiatan tersebut cukup mendapat sambutan yang positif dari masyarakat," kata Retno dalam acara Seminar Riset Stabilitas Sistem Keuangan sekaligus Penganugerahan Pemenang LKISSK di Yogyakarta, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga: Tantangan Ekonomi Makin Kompleks, BI: Perlu Kebijakan Berbasis Riset

Dia mengungkapkan, jumlah paper yang masuk terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini BI menerima 102 paper. Kualitas karya ilmiah yang disampaikan juga makin membaik yang antara lain tercermin dari penggunaan metodologi dan pilihan tema bahasan karya ilmiah yang makin beragam.

"Ke depan, kami berharap lebih banyak lagi peserta baik yang berasal dari akademisi maupun mahasiswa dengan tema-tema penelitian di bidang SSK yang makin berkembang dan menantang. Berbagai ide riset yang segar ini akan membantu kami melahirkan riset-riset yang lebih berkualitas," kata Retno.

Adapun dari 102 paper, Rizky Yudaruddin dengan judul "Do Financial Technology Startups Disturb Bank Performance?: New Empirical Evidence from Indonesian Banking" keluar sebagai juara pertama. Sementara itu, juara kedua ditempati oleh Yudiono Omar & Hanif Ashar dengan judul paper "The Connectedness of Banking & Non-Banking Firms as Short-term Predictor of Systemic Risk". Juara ketiga diraih Kuntari Dasih dengan judul "Determinan Penyaluran Kredit di Indonesia Pasca Periode Krisis Keuangan Global".

Juara harapan satu diraih. M. Akhsanur Rofi dengan "How Importance of Financial Institution in the Stock Market Network?". Harapan kedua oleh Pananda Pasaribu & Bonnie Mindosa dengan "The Bank Specific Determinants of Loan Growth and Stability: Evidence From Indonesia".

"Pada kesempatan ini, kami juga ingin sampaikan ucapan selamat kepada pemenang LKISSK 2019. Semoga prestasi yang telah dicapai dapat makin ditingkatkan di masa yang akan datang serta dijadikan inspirasi untuk terus meningkatkan kapasitas sebagai peneliti di bidang SSK," tutur Retno.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan