Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Kedaulatan Data, Pemerintah Persiapkan Cloud di 2022

Tingkatkan Kedaulatan Data, Pemerintah Persiapkan Cloud di 2022 Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah berencana membangun komputasi awan atau cloud yang berfungsi sebagai penyimpanan data yang bersifat strategis. Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan pembangunan cloud sedang masa pembangunan.

"Cloud itu pemerintah sedang membangun. Kita akan bangun empat data center yang akan selesai di tahun 2022," ujar Semuel di Gedung Kominfo, Senin (4/11/2019).

Baca Juga: Kominfo Isyaratkan Keluarkan Permen Kalau...

Semuel enggan menyebut berapa nilai investasi yang dikeluarkan untuk membangun empat data center tersebut. Ia menyebut, perannya pada pemanfaatan data center itu nanti.

"Dananya berapa itu ada di Bappenas. Namun, sekarang pemanfaatannya saya mau organisasi, kebutuhannya," ucapnya.

Cloud ini nantinya disebut Semuel akan dikelola langsung oleh pemerintah karena data yang disimpan adalah data yang bersifat strategis.

"Cloud ini untuk apa? Untuk data-data strategis dan juga untuk layanan-layanan umum. Ini juga sudah bersinergi dengan Perpres Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)," ungkapnya.

Tambahnya, penyelenggara sistem elektronik yang ingin menggandeng pihak ketiga untuk meletakkan data mereka harus melalui proses klarifikasi keabsahan data terlebih dahulu.

"Harus dijamin keautentikannya, 'Oh ini data ini benar punya pemerintah tidak pernah di-hack dan tidak bisa di-hack', umpamanya," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: