BI Kembali Terbitkan Buku Keuangan Syariah

BI Kembali Terbitkan Buku Keuangan Syariah Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Bank Indonesia (BI) kembali menambah khasanah literatur ekonomi dan keuangan syariah dengan menerbitkan dua buku penting bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air, yaitu buku Keuangan Publik dan Sosial Islam: Teori dan Praktik dan Model Bisnis Keuangan Mikro Syariah Indonesia.

Kedua buku ini diharapkan mampu melengkapi seri buku sebelumnya. Yang paling penting adalah kedua buku ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat umum dan masyarakat akademisi khususnya untuk mengetahui lebih jauh tentang dinamika praktik keuangan mikro syariah yang ada di Indonesia dan bentuk-bentuk serta latar belakang praktik kebijakan keuangan publik dan sosial di Indonesia.

Baca Juga: Wow, Transaksi Syariah Kini Bisa Dilakukan via Blockchain

"Buku yang diterbitkan kali ini merupakan buku ketujuh dan kedelapan yang diterbitkan oleh BI dalam kurun waktu empat tahun ke belakang," kata Kepala BI Institute, Solikin M. Juhro, saat membuka Seminar dan Peluncuran Buku tersebut dalam rangkaian acara Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2019 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019).

Sejak tahun 2015, BI telah aktif menerbitkan beberapa buku yang telah menjadi referensi dalam pengajaran ekonomi dan keuangan syariah, di antaranya: (pertama) buku Perbankan Syariah di Indonesia: Kelembagaan dan Kebijakan serta Tantangan ke Depan tahun 2015; (kedua) buku Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia tahun 2016; (ketiga) buku Memberdayakan Keuangan Mikro Syariah Indonesia tahun 2017; (keempat) buku Masa Depan Keuangan Syariah Indonesia tahun 2017; serta buku (kelima dan keenam): Peta Keuangan Mikro Syariah Indonesia dan Kebijakan Moneter Syariah dalam Sistem Keuangan Ganda di tahun 2018.

"Pada kesempatan peluncuran dan bedah buku ekonomi dan keuangan syariah ini, Bank Indonesia menunjukan komitmen dan dukungannya terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah termasuk juga keuangan mikro syariah di Indonesia," ungkapnya.

Dia menjelaskan, penyusunan buku ini ditempuh melalui beberapa tahap. Pertama, studi pustaka yang mengeksplorasi informasi terkait topik dengan sangat rinci dan dilanjutkan dengan pemilihan materi berharga yang valid untuk dituliskan. Kedua, melakukan focus group discussion dengan para pakar ekonomi dan keuangan syariah dalam mengidentifikasi teori dan filosofi dari tema-tema utama dalam praktik ekonomi dan keuangan syariah, serta mengajak praktisi dalam mengklarifikasi bentuk-bentuk aplikasi praktik syariah yang telah diterapkan di lapangan.

Ketiga, melakukan in-depth interview pada pihak-pihak terkait dalam mengonfirmasi tulisan yang ada dan penyusunan rekomendasi pengembangan selanjutnya. Keempat, dilakukan quality control oleh pakar sebagai reviewer dan ahli bahasa dalam memastikan kualitas hasil penulisan, baik secara isi tulisan maupun secara bahasa.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini