Salzburg, Rumah Komponis Mozart dan Keluarga Von Trapp

Salzburg, Rumah Komponis Mozart dan Keluarga Von Trapp Kredit Foto: Muhamad Ihsan

Salzburg adalah kota terbesar kedua di Austria setelah Wina, ibu kota negara itu. Namun, tak kalah dengan Wina, nama Salzburg juga sudah sangat terkenal di dunia, terutama para traveler. Kenapa? Karena di sanalah rumah komponis legendaris Wolfgang Amadeus Mozart.

Wisatawan dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong ke Salzburg untuk menengok kota kelahiran sang legendaris. Saking melekatnya dengan nama Mozart, Salzburg kemudian mendapat julukan The City of Mozart. Di kota ini, Anda akan menemukan tempat Mozart menciptakan karya-karya masterpiece-nya.

Zauberflötenhäuschen atau The Magic Flute House, sebuah gubuk kecil tempat sang komposer membuat lagu. Dinamakan demikian karena di gubuk ini Mozart menulis karyanya yang berjudul Magic Flute K 620. Ada yang menduga, Mozart dikunci di dalam gubuk agar bisa menyelesaikan karyanya. Gubuk ini favorit para wisatawan.

Baca Juga: Traveling ke Hallstatt dan Salzburg

Sayangnya, tak ada yang diperbolehkan masuk ke dalam The Magic Flute House. Pengunjung hanya bisa mengabadikannya lewat kamera atau ponsel. Lokasi rumah ini berada di Bastionsgarten, sebuah taman yang terhubung dengan Mirabel Garden. Pada 1873, mantan pemiliknya, Pangeran Starhemberg mendonasikan The Magic Flute House ke Yayasan Mozarteum.

Selain rumah Mozart, Slazburg adalah lokasi syuting film The Sound of Music. Film musikal ini fenomenal di 1965 karena meraih lima piala Oscar. Film yang dibintangi Jullie Andrews mengadopsi cerita tentang keluarga musisi Von Trapp asal Austria.

Berkat film inilah nama Mirabel Garden mendunia dan menjadi destinasi wisata favorit. Sebab sebagian adegan film berlatarkan kompleks istana dan taman. Mirabel Garden, menurut sejarahnya, merupakan kompleks istana dan taman yang dibangun Pangeran Uskup Agung Wolf pada abad 17 untuk diberikan sebagai hadiah kepada kekasihnya, Salome Alt.

Mengikuti kesuksesan film tersebut, Kota Salzburg dan Mirabel Garden khususnya, dikunjungi sekitar 300 ribu wisatawan dunia setiap tahunnya. Pengunjung akan diajak berkeliling kompleks istana. Melakukan sightseeing tour untuk melihat-lihat spot-spot yang ada dalam film seperti kastil di pinggir danau dan gazebo yang ikonik, di mana gambar karakter Lisel diambil.

Baca Juga: Mau Booking Vila dan Apartemen? Lewat Traveloka Aja!

Bus dan pemandu wisata memberikan akses kepada pengunjung untuk menjelajahi setiap sudut lokasi syuting film. Juga memperkenalkan keluarga Von Traap, keluarga pemusik yang digambarkan dalam film. Dan membawa pengunjung ke istana the Basilica Mondse, tempat pernikahan keluarga Von Trapp diambil.

Yang menarik dari wisata ke Mirabel Garden, pengunjung bisa menginap di rumah keluarga Von Trapp. Rumah dalam film tersebut kini menjadi Hotel Schloss Leopoldskron. Di sini, pengunjung yang menginap dapat melihat-lihat sisi belakang dan teras rumah keluarga Von Trapp, termasuk taman di mana gambar danau diambil. Jika ingin merasakan sensasi tinggal di rumah keluarga Von Trapp, coba saja menginap di hotel ini!

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini