Pascaputus dengan Garuda Indonesia, Kemenhub Pantau Sriwijaya Air

Pascaputus dengan Garuda Indonesia, Kemenhub Pantau Sriwijaya Air Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Setelah PT Sriwijaya Air memutus kerja sama manajemen dengan PT Garuda Indonesia Group beberapa waktu lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memonitor dan memastikan bahwa terpenuhinya aspek 3S+1C (safety, security, services, dan compliance) dalam operasional penerbangan Sriwijaya Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti memastikan, kontijensi plan dan mitigasi terhadap operasional penerbangan Sriwijaya Air berjalan dengan optimal sehingga pelayanan kepada konsumen dapat dilaksanakan dengan baik.

"PT Sriwijaya Air dan Nam Air wajib menjaga airworthiness dan safe for operation seluruh pesawat yang dioperasionalkan," tegas Polana.

Baca Juga: Kemenhub Pastikan Pelayanan Penerbangan Maskapai Sriwijaya Air Tetap Berjalan Baik

Polana menambahkan, Ditjen Hubud terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap operator penerbangan Sriwijaya Air dan Nam Air melalui inspektur penerbangan baik dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara. Hal untuk memastikan bahwa 3S + 1C terpenuhi dan pengguna jasa angkutan udara dapat terlayani dengan baik.

Baca Juga: Garuda-Sriwijaya Air Ribut, AP II Buka Suara

Sriwijaya Air dan Nam Air harus memastikan bahwa tetap akan memberikan kualitas pelayanan dalam memenuhi kewajiban kepada pengguna jasa sesuai dengan SOP yang disampaikan kepada Ditjen Hubud. Selain itu, juga memastikan bahwa telah melakukan kontrak kerjasama dengan pendukung operasional penerbangan untuk menjaga keselamatan penerbangan.

Untuk saat ini, jumlah pesawat Sriwijaya air yang beroperasi berjumlah 11 pesawat dengan 32 rute yang dilayani.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini