Timnas Indonesia U19 Lolos ke Piala Asia jadi Kado Indah di Hari Pahlawan

Timnas Indonesia U19 Lolos ke Piala Asia jadi Kado Indah di Hari Pahlawan Kredit Foto: Sindonews

Timnas Indonesia U19 memastikan diri lolos ke Piala Asia U19 2020. Kabar baik ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, 10 November, Minggu. Timnas Indonesia U19 hanya bermain imbang 1-1 dengan Korea Utara (Korut) di laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U19 2020. Namun hasil itu bisa membawa anak asuh Fakhri Husaini melangkah ke babak selanjutnya.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta itu, Timnas sempat tertinggal lebih dulu dari lawannya lewat sang kapten Kim Kwang-chong.

Semangat juang David Maulana dan kawan-kawan mampu membuat keadaan lebih baik. Di babak kedua, Timnas mendapat hadiah tendangan 12 pas. Amiruddin Bagus selaku eksekutor sukses menceploskan bola ke gawang lawan.

Baca Juga: Babak I: Timnas Indonesia U-19 Tertinggal dari Korut

Indonesia maju ke Piala Asia U19 2020 yang akan digelar di Uzbekistan. Timnas lolos dengan predikat juara Grup K setelah mengumpulkan tujuh poin dari tiga laga. Korut berada di posisi kedua dengan lima poin.

Piala Asia U19 2020 menjadi keikutsertaan ke-18 kalinya Indonesia dalam kejuaraan yang sudah digelar sejak tahun 1959 tersebut. Indonesia sendiri pernah merebut trofi juara pada 1961. 

Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia U19 yakni pada tahun 2018. Saat itu Timnas di bawah pelatih Indra Sjafri berhasil melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan Jepang.

Dalam laga kontra Korut, Timnas sejatinya menguasai pertandingan di menit awal. Anak asuh Fakhri Husaini bahkan mencatatkan tendangan tepat saasaran melalui Serdy Ephy Bok di menit kelima.

Percobaan kedua dilakukan gelandang Beckham Putra di menit kesebelas. Namun tendangan sang gelandang mampu diamankan kiper Korut Sin Kwang-guk.

Enam Menit berselang, giliran Muhammad Fajar Fathur Rahman yang membuat penjaga gawang Korut harus bekerja ekstra keras untuk mengamankan gawang dari sepakan pemain lawan.

Semua upaya penggawa Timnas membuat Korut tertekan. Korut berhasil mencatatkan gol pada menit ke-41 berkat sang kapten Kim Kwang-chong. Ia memanfaatkan ruang di luar kotak penalti untuk melesakkan bola ke gawang Ernando Ari.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini