Portal Berita Ekonomi Minggu, 08 Desember 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 10:05 WIB. Tingkat Inflasi - India 4,62%, China 3,80%, Vietnam 3,52%, Brazil 3,27%, Indonesia 3,00%, Filipina 1,30%, Malaysia 1,10%, Thailand 0,21%
  • 09:55 WIB. Tingkat Pengangguran - (Brazil 11,60%), (India 8,50%), (Indonesia 5,28%), (Filipina 4,50%), (Tiongkok 3,61%), (Vietnam 2,71%), (Thailand 0,91%)
  • 09:47 WIB. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja - (Indonesia 67,49%), (Vietnam 76,60%), (Malaysia 68,70%),  (Singapura 67,70%), (Filipina 61,47%), 

DANA Doyan Bakar Duit, CEO: Itu Edukasi Pasar

DANA Doyan Bakar Duit, CEO: Itu Edukasi Pasar - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Bergerak memasuki penghujung tahun, sejumlah platform pembayaran digital dan e-commerce mulai gencar melakukan aksi bakar duit. Aksi bakar duit adalah beragam promo yang dijual oleh masing-masing platform dengan perhitungan yang secara kasat mata terlihat seperti merugi.

Platform pembayaran digital DANA juga melakukan promosi dengan cara yang sama. Promo Puas11Rupiah yang diselenggarakan selama tiga hari dari 8 hingga 11 November 2019 oleh DANA menawarkan banyak produk yang dapat dibayar dengan voucer senilai Rp11.

Ditanyai perihal tersebut, CEO DANA Vincent Iswara menjawab bahwa promosi besar-besaran yang dilakukan oleh DANA sendiri bukan aksi bakar duit, tapi edukasi pasar.

Baca Juga: DANA Cetak Jumlah Transaksi Tertinggi dari Promo 11.11

"Bukan bakar duit, tapi edukasi pasar," katanya di Capital Place, Kamis (14/11/2019).

Menurutnya, dengan jumlah pengguna dan jumlah transaksi yang dicapai hingga sekarang, biaya yang dikeluarkan DANA untuk menggaet pengguna tergolong lebih sedikit dibandingkan perusahaan lain.

"Jadi, yang kami lakukan setahun terakhir untuk mendapatkan konsumen, dana itu lebih kecil dibandingkan perusahaan lainnya. Pengguna per Oktober 2019 sudah 30 juta, transaksi 2 juta per harinya," ujarnya.

Biaya yang dikeluarkan untuk ajang promosi DANA juga lebih sedikit dibandingkan jumlah pengguna yang didapat sekarang. Meski begitu, Vincent tidak mau menyebutkan berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk promosi.

"Jumlah yang kami spend dalam setahun terakhir, itu sebenarnya less karena lebih cepat. Karena kami menyingkatkan journey-nya, kami menyingkatkan akselerasi untuk growing-nya dengan biaya-biaya marketing ini," ucapnya.

Meski sering melakukan promosi besar-besaran, Vincent mengatakan bahwa tujuan yang ingin dicapai bukan hanya menggaet pengguna sebanyak-banyaknya. Ia mengatakan, DANA juga berhasil menggaet pengguna setia tanpa insentif, seperti promo.

Baca Juga: Capai Target Total Pendanaan Rp10 Triliun, Modalku Tumbuh Lebih dari 3 Kali Lipat

"Kami lihat seberapa banyak pengguna kami yang tidak melakukan transaksi menggunakan diskon. Hampir 50 persen tidak menggunakan insentif. Nanti, akan ditingkatkan agar penggunaannya tidak menggunakan promosi pun, user tetap menggunakan aplikasi," imbuhnya.

Pada akhirnya, Vincent berharap pengguna bisa menganggap DANA berguna untuk kehidupan mereka kendati tidak ada promosi apa pun. Promosi disebut Vincent bukanlah cara utama, tapi lebih pada upaya terakhir dalam mengedukasi masyarakat tentang pembayaran digital.

"Kami ingin juga user tidak menggunakan (DANA) karena promosi. Promosi adalah last resort. Promosi itu adalah edukasi, and then last resort. Yang paling penting sebenarnya, apakah aplikasi ini berguna," pungkasnya.

Baca Juga

Tag: DANA, e-Wallet Dana

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Rosmayanti

Foto: Bernadinus Adi Pramudita

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,762.12 3,724.29
British Pound GBP 1.00 18,565.06 18,378.94
China Yuan CNY 1.00 2,002.78 1,982.01
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,107.19 13,966.82
Dolar Australia AUD 1.00 9,654.96 9,557.49
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,801.85 1,783.73
Dolar Singapura SGD 1.00 10,372.93 10,268.21
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,671.68 15,514.34
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,387.89 3,351.77
Yen Jepang JPY 100.00 12,978.10 12,845.42

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6186.868 34.751 667
2 Agriculture 1434.346 37.746 20
3 Mining 1474.400 -6.728 50
4 Basic Industry and Chemicals 979.828 11.348 76
5 Miscellanous Industry 1201.074 10.720 50
6 Consumer Goods 2055.194 19.613 56
7 Cons., Property & Real Estate 510.207 10.418 83
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1137.751 -1.677 76
9 Finance 1298.193 3.365 90
10 Trade & Service 766.195 1.154 166
No Code Prev Close Change %
1 REAL 100 170 70 70.00
2 VRNA 67 90 23 34.33
3 KARW 62 79 17 27.42
4 VINS 121 152 31 25.62
5 MSKY 1,000 1,250 250 25.00
6 AGAR 392 490 98 25.00
7 KPAL 232 290 58 25.00
8 MKPI 13,500 16,200 2,700 20.00
9 BWPT 104 121 17 16.35
10 DART 276 312 36 13.04
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 326 246 -80 -24.54
2 MASA 466 390 -76 -16.31
3 PDES 730 615 -115 -15.75
4 FORZ 70 59 -11 -15.71
5 DWGL 230 194 -36 -15.65
6 YULE 150 131 -19 -12.67
7 FILM 190 167 -23 -12.11
8 BCAP 165 146 -19 -11.52
9 IKAI 115 102 -13 -11.30
10 ICON 83 74 -9 -10.84
No Code Prev Close Change %
1 IPTV 530 525 -5 -0.94
2 MNCN 1,390 1,395 5 0.36
3 TOWR 740 745 5 0.68
4 MAMI 326 246 -80 -24.54
5 ACES 1,550 1,485 -65 -4.19
6 WSKT 1,290 1,420 130 10.08
7 BBRI 4,220 4,170 -50 -1.18
8 BNLI 1,140 1,255 115 10.09
9 TLKM 4,060 4,100 40 0.99
10 ERAA 1,490 1,520 30 2.01