Portal Berita Ekonomi Senin, 30 Maret 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 11:31 WIB. IHSG - IHSG melemah 4,12% di akhir sesi I.

Pesaing Digital Payment Makin Bejibun, DANA Punya Strategi Khusus

Pesaing Digital Payment Makin Bejibun, DANA Punya Strategi Khusus - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Persaingan di ranah pembayaran digital semakin ramai memasuki akhir 2019. Bukan hanya perusahaan rintisan berbasis fintech saja, banyak perusahaan baik e-commerce, ride hailling, bahkan media sosial seperti WhatsApp akan ikut terjun ke dalam industri pembayaran digital.

Persaingan yang semakin ramai di industri pembayaran digital ini, menurut CEO DANA Vincent Iswara, adalah hal yang bagus. Menurutnya, ramainya pelaku fintech dapat membantu mengedukasi pasar tentang pentingnya pembayaran digital.

"Justru makin banyak pemain, edukasinya ke masyarakat makin luas," katanya di Capital Place, Kamis (14/11/2019).

Baca Juga: DANA Doyan Bakar Duit, CEO: Itu Edukasi Pasar

Ia tidak setuju jika banyaknya pemain digital payment yang masuk, akan memperketat persaingan. Menurutnya, dengan jumlah total pasar yang ada, terlalu dini untuk menyebut bahwa persaingan semakin ketat.

"Too early, kami itu total market pengguna digital payment less than 7 persen. Masih too early kalau kita bilang persaingannya makin ketat," tambahnya.

Ia menambahkan bahwa masih banyak pelaku pasar yang masih menggunakan pembayaran konvensional. Hal itu merupakan potensi pasar yang besar untuk digital payment karena banyak yang belum tersentuh oleh digital payment.

"Contohnya, UMKM sendiri masih banyak yang belum ke-reach out, bukan hanya dari kami, tapi semua pemain juga," ujarnya.

Menurutnya, justru banyak potensi besar datang dari luar kota-kota besar seperti Jakarta. Bukan cuma kota-kota besar yang perlu diterapkan digital payment, katanya. Indonesia sendiri memiliki potensi yang sangat besar, menurut Vincent, dalam hal digital payment.

"Smartphone penetration di Indonesia sudah cukup tinggi, 150 juta lebih, dan pengguna individu yang menggunakan akses internet 171 juta. Itu potensi yang harus digarap semua pemain," katanya.

Baca Juga: DANA Cetak Jumlah Transaksi Tertinggi dari Promo 11.11

Meski begitu, DANA juga memiliki strategi khusus dengan pemain digital payment yang makin bertambah.

"Kami melihatnya, kami champion lokal. Jadi, kami membawa produk teknologi yang cocok untuk masyarakat Indonesia," ujarnya.

Ia menyebut fitur-fitur dalam DANA yang cocok dengan budaya bertransaksi di Indonesia membuatnya mampu bersaing dengan produk pembayaran digital lainnya.

"Kami percaya kalau untuk masyarakat kebutuhannya sesuai, contohnya patungan bareng-bareng, yang model seperti itu semua, saya yakin kami bisa bersaing dengan siapa pun juga," katanya.

Baca Juga

Tag: DANA, e-Wallet Dana

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Rosmayanti

Foto: Bernadinus Adi Pramudita

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 4,371.05 4,326.41
British Pound GBP 1.00 20,364.49 20,155.36
China Yuan CNY 1.00 2,315.45 2,292.02
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 16,417.68 16,254.32
Dolar Australia AUD 1.00 10,088.66 9,986.65
Dolar Hong Kong HKD 1.00 2,117.70 2,096.57
Dolar Singapura SGD 1.00 11,503.42 11,384.97
EURO Spot Rate EUR 1.00 18,217.06 18,029.29
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,774.18 3,723.78
Yen Jepang JPY 100.00 15,303.58 15,144.25
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4545.571 206.667 686
2 Agriculture 935.348 17.815 22
3 Mining 1191.831 20.200 49
4 Basic Industry and Chemicals 585.812 34.750 77
5 Miscellanous Industry 756.867 69.031 51
6 Consumer Goods 1624.014 58.453 57
7 Cons., Property & Real Estate 342.828 24.949 89
8 Infrastruc., Utility & Trans. 793.679 25.982 79
9 Finance 1009.594 53.086 92
10 Trade & Service 580.685 10.972 170
No Code Prev Close Change %
1 LPIN 138 186 48 34.78
2 RIGS 162 218 56 34.57
3 KMTR 180 238 58 32.22
4 FORU 87 110 23 26.44
5 PEGE 160 200 40 25.00
6 BRIS 160 198 38 23.75
7 FPNI 59 73 14 23.73
8 BSDE 600 740 140 23.33
9 ADHI 456 560 104 22.81
10 RUIS 150 184 34 22.67
No Code Prev Close Change %
1 BAYU 1,075 1,000 -75 -6.98
2 ENVY 173 161 -12 -6.94
3 MREI 5,350 4,980 -370 -6.92
4 ASBI 290 270 -20 -6.90
5 NZIA 348 324 -24 -6.90
6 PRAS 160 149 -11 -6.88
7 SSIA 466 434 -32 -6.87
8 ITIC 4,080 3,800 -280 -6.86
9 DUCK 438 408 -30 -6.85
10 VINS 117 109 -8 -6.84
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 2,940 3,230 290 9.86
2 BBCA 26,400 27,550 1,150 4.36
3 TLKM 2,980 3,090 110 3.69
4 BBNI 3,590 3,990 400 11.14
5 ASII 3,620 4,080 460 12.71
6 BMRI 4,470 4,940 470 10.51
7 KLBF 950 1,010 60 6.32
8 ANTM 416 460 44 10.58
9 KAEF 1,300 1,250 -50 -3.85
10 PAMG 116 119 3 2.59