Ya Allah... 103 Kali Gempa Susulan Guncang Maluku Utara

Ya Allah... 103 Kali Gempa Susulan Guncang Maluku Utara Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Hingga Jumat (15/11/2019) siang sekira pukul 14.00 Wita, tercatat 103 gempa susulan mengguncang wilayah Maluku Utara, pascagempa magnitudo 7,1 pada Kamis (14/11/2019) malam.

Kasi Data dan Info BMKG Sulut, Edward H Mengko, mengatakan setelah gempa dengan kekuatan signifikan, secara alami akan terjadi gempa susulan. Hal ini, kata dia, disebabkan batuan yang terdeformasi di sekitaran pusat gempa masih akan terus melepaskan energi dalam bentuk gempa sampai mencapai kestabilannya.

Baca Juga: Nggak Bener, Gempa Bali Ada Air Surut di Buleleng

"Jadi kejadian gempa bumi susulan, setelah kejadian gempa dengan kekuatan signifikan adalah hal yang normal," ujar Mengko, Jumat (15/11/2019).

Mengko mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, beraktivitas seperti biasa, dan tidak terpengaruh dengan berita yang tidak jelas sumbernya. Ia meminta warga untuk mengakses informasi hanya dari BPBD setempat atau BMKG.

"BMKG akan terus melakukan pemantauan aktivitas gempa susulan dan segera memberikan informasi jika terjadi gempa dengan kekuatan signifikan," tutur Mengko.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini