Ini Manfaat Tanaman Porang: Bahan Agar-Agar Hingga Konnyaku

Ini Manfaat Tanaman Porang: Bahan Agar-Agar Hingga Konnyaku Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita

Tanaman porang belakangan menjadi ramai diperbincangkan. Hal tersebut lantaran porang berhasil membawa petani asal Desa Kepel, Jawa Timur, menjadi miliarder dengan melakukan ekspor tanaman porang. Tanaman bernama latin amorphophallus muelleri blume sejatinya berbentuk umbi. Umbi porang biasanya dapat tumbuh liar di hutan tropis.

CEO dan Founder dari startup agritech Tanijoy, Nanda Putra, melihat porang memiliki potensi bisnis yang besar. Menurutnya, porang memiliki viskositas tinggi sehingga jika diolah menjadi tepung maka tepung porang mampu memberikan tekstur yang lebih padat untuk produk yang diproduksi.

"Saya melihat bagus (potensinya) karena dia bisa menggeser minimal bahan baku agar-agar. Karena tepungnya itu punya viskositas yang tinggi, artinya dia bisa bikin agar-agar lebih padat daripada agar-agar rumput laut," katanya usai acara Peluang Bisnis Generasi Millenial pada Sektor Agribisnis yang digelar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga: Menilik Potensi Ekspor Umbi Porang

Selain itu, Nanda menyebut tepung Porang menjadi salah satu bahan makanan di Jepang, yakni Konnyaku. Karenanya, permintaan Jepang akan tepung Porang sendiri cukup tinggi.

Selain itu, budidaya Porang sendiri cukup mudah. Nanda menceritakan pengalaman mitra petaninya dalam menanam porang. "Kata mitra, gampang, intinya tanam saja, tidak diapa-apakan tumbuh sendiri," ujarnya

Sementara itu, Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri juga mengatakan hal senada. Banyak makanan tradisional di Korea, China, dan Jepang yang menggunakan bahan baku tepung Porang.

"Jadi Porang itu komoditas yang sangat prospektif karena diolah untuk tepung bahan dasar untuk makanan tradisional Korea, Jepang, dan China," ujarnya.

Kuntoro menyebut bahwa sampai saat ini belum ada kendala yang dirasakan Kementerian Pertanian dalam budidaya Porang.

"Tidak ada, sangat mudah budidayanya. Porang itu secara alami ada di Indonesia," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini