Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pentagon Nyatakan Iran akan Beli Senjata Canggih di 2020

Pentagon Nyatakan Iran akan Beli Senjata Canggih di 2020 Kredit Foto: Sindonews
Warta Ekonomi, Washington -

Pentagon menuturkan, Iran dapat membeli sistem senjata canggih dari negara lain untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya karena embargo senjata terhadap Teheran akan dicabut pada Oktober 2020. Hal itu diungkapkan Pentagon dalam laporan berjudul "Kekuatan Militer Iran".

Di bawah kesepakatan nuklir Iran, embargo senjata PBB terhadap negara itu dan larangan bepergian terhadap komandan Pasukan Quds Qasem Soleimani akan berakhir tahun depan. Pasukan Quds adalah perpanjangan tangan Garda Revolusi Iran (IRGC) di luar negeri.

"Iran akan diizinkan untuk membeli sistem konvensional yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri, seperti jet tempur canggih dan tank tempur utama," bunyi laporan tersebut, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (20/11/2019).

Baca Juga: Iran Nyatakan AS dan Israel Penghambat Utama Timur Tengah Bebas Nuklir

Laporan itu mengatakan, Teheran sedang mengevaluasi pembelian perangkat keras militer dari Rusia dan China, merinci kemungkinan akuisisi jet tempur Su-30 Rusia, pesawat latih Yak-130 dan tank tempur T-90 saat embargo berakhir.

"Iran juga menunjukkan minat untuk memperoleh sistem pertahanan udara S-400 dan sistem pertahanan pesisir Bastian dari Rusia," sambungnya laporan itu.

Pada Agustus, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, memperingatkan munculnya kekacauan baru ketika embargo senjata terhadap Iran berakhir. Ia saat itu mendorong masyarakat internasional untuk mencari cara bagaimana menghentikan Iran.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Shelma Rachmahyanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: