Portal Berita Ekonomi Jum'at, 05 Juni 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 15:02 WIB. IHSG - IHSG menguat 0,63% di akhir sesi II.

Fitur Likes Dihapus Instagram, Toko Online Tak Perlu Khawatir!

Fitur Likes Dihapus Instagram, Toko Online Tak Perlu Khawatir!
WE Online, Jakarta -

Instagram telah memberlakukan uji coba penghapusan fitur "likes" di beberapa negara, termasuk Indonesia. Chief Executive Instagram, Adam Mosseri, menyatakan bahwa alasan kesehatan mental menjadi salah satu alasan uji coba ini dilakukan.

"Idenya adalah untuk mengurangi tekanan dan kompetisi di Instagram. Kami ingin memberi lebih banyak ruang untuk fokus dalam berinteraksi dengan orang yang mereka cintai dan menikmati hal-hal yang menginspirasi mereka," ungkap CEO Instagram dalam pengumuman resmi di San Fransisco April lalu.

Baca Juga: Fitur Like Instagram Hilang Nih, Akunmu Masih Bisa Lihat Enggak?

Menurut pakar digital marketing, hilangnya likes ini juga merupakan upaya Instagram menjaga originalitas interaksi antara penggunanya. Hal ini juga diharapkan membuat pengguna lebih fokus mengapresiasi konten visual dan teks pada caption.

Di Indonesia, Instagram sudah menjadi media sosial yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone. Penghapusan fitur likes ini tentu berpengaruh bagi penggunanya, salah satunya adalah bagi pemilik bisnis yang menjadikan Instagram layaknya toko online bagi mereka. Akun toko online ini rata-rata memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produk hingga berinteraksi dengan calon pelanggan. Dalam melakukan marketing di Instagram, toko online pun bergantung dengan keberadaan selebgram dan influencer.

Lalu, bagaimana pemilik bisnis menyiasati hilangnya angka likes di Instagram? Apa langkah yang harus dilakukan toko online ini agar perubahan aturan Instagram ini tidak berdampak buruk pada bisnisnya?

1. Perhatikan Konten Iklan untuk Selebgram

Banyak toko online berinvestasi pada influencer marketing untuk menambah jangkauan pemasaran produk. Influencer atau selebgram ini rata-rata memiliki massa yang loyal dan aktif memberikan likes hingga komentar di Instagram.

Dengan berubahnya algoritma Instagram, pemilik toko online pun harus mengubah strategi pemasaran melalui selebgram. Alih-alih berfokus pada likes yang didapat dari sebuah post, engagement dan interaksi dapat menjadi parameter efektivitas sebuah influencer marketing.

Huffpost merilis data, penjelasan teks yang ada dalam sebuah foto unggahan di Instagram akan meningkatkan interaksi sebesar 44%. Menumbuhkan diskusi dan tanggapan di kolom komentar juga akan menambahkan nilai pembeda sebuah brand dari lainnya.

Penting bagi para pemilik bisnis untuk mengkaji ulang konten visual dan tulisan dalam caption sebelum disampaikan kepada selebgram. Pastikan konten tersebut mengundang interaksi dan komentar positif dari calon pelanggan.

Baca Juga

Tag: Instagram, Digital Economy, Digital Marketing, Niagahoster, Toko Online

Penulis: Redaksi WE Online

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Foto/Ist

loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,774.27 3,735.72
British Pound GBP 1.00 17,840.66 17,661.74
China Yuan CNY 1.00 1,992.25 1,972.18
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,170.50 14,029.50
Dolar Australia AUD 1.00 9,848.50 9,749.10
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,828.43 1,810.21
Dolar Singapura SGD 1.00 10,141.34 10,035.41
EURO Spot Rate EUR 1.00 16,050.93 15,889.81
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,317.06 3,277.92
Yen Jepang JPY 100.00 12,990.92 12,860.48
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 4916.704 -24.302 693
2 Agriculture 1003.733 6.008 22
3 Mining 1269.161 -12.889 49
4 Basic Industry and Chemicals 761.610 -6.134 78
5 Miscellanous Industry 863.716 -13.173 52
6 Consumer Goods 1822.498 -15.789 58
7 Cons., Property & Real Estate 337.177 4.167 90
8 Infrastruc., Utility & Trans. 902.810 2.821 78
9 Finance 1022.924 -4.415 93
10 Trade & Service 608.678 -5.629 173
No Code Prev Close Change %
1 TECH 160 216 56 35.00
2 KBLV 382 470 88 23.04
3 NOBU 635 770 135 21.26
4 MASA 372 450 78 20.97
5 BOLT 665 800 135 20.30
6 BRNA 1,000 1,200 200 20.00
7 ASRM 1,685 1,985 300 17.80
8 MLPT 705 820 115 16.31
9 POLU 700 800 100 14.29
10 ZINC 148 168 20 13.51
No Code Prev Close Change %
1 DIVA 1,145 1,065 -80 -6.99
2 VICO 101 94 -7 -6.93
3 BYAN 14,450 13,450 -1,000 -6.92
4 KBLM 318 296 -22 -6.92
5 BIKA 188 175 -13 -6.91
6 NATO 464 432 -32 -6.90
7 NICK 348 324 -24 -6.90
8 SINI 725 675 -50 -6.90
9 GTBO 87 81 -6 -6.90
10 HRME 131 122 -9 -6.87
No Code Prev Close Change %
1 BBRI 3,100 3,060 -40 -1.29
2 PURA 75 77 2 2.67
3 BBCA 28,900 28,950 50 0.17
4 PGAS 970 955 -15 -1.55
5 TLKM 3,290 3,300 10 0.30
6 BBTN 1,010 975 -35 -3.47
7 WSKT 665 705 40 6.02
8 BMRI 4,860 4,730 -130 -2.67
9 BBNI 4,130 4,140 10 0.24
10 TKIM 4,750 4,850 100 2.11