Portal Berita Ekonomi Senin, 16 Desember 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:55 WIB. IHSG - IHSG melemah tipis di awal sesi I.

Relawan P&G Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan 1.400 Siswa Palu dan Donggala

Relawan P&G Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan 1.400 Siswa Palu dan Donggala - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Upaya pemulihan wilayah Palu dan Donggala yang terdampak bencana gempa dan tsunami akhir tahun lalu, hingga kini terus dilakukan oleh berbagai kalangan. Selain pemerintah, dan kelompok-kelompok masyarakat, pelaku industri juga ikut berkontribusi melalui berbagai kegiatan kegiatan pembangunan fisik dan sosial. 

Misalnya saja, Procter & Gamble (P&G) Indonesia yang melakukan perbaikan fasilitas kelas dan sarana belajar mengajar di dua sekolah di Palu dan Donggala. Dalam seminggu terakhir, P&G mengirimkan 30 relawan untuk merehabilitasi kelas-kelas yang rusak akibat goncangan gempa dan tsunami. Kegiatan yang bekerjasama dengan dengan Save The Children Indonesia (Yayasan Sayangi Tunas Cilik) itu mampu membuat 1.400 siswa yang belajar di kelas-kelas tersebut kembali tersenyum ceria.

Baca Juga: Berkat Sustainabilitas, P&G Raih Penghargaan CSR Jabar

Setelah bangunan kelas diperbaiki, ribuan anak dari dua sekolah itu bersama dengan para relawan terlibat dalam berbagai aktivitas kolaborasi untuk mempercantik lingkungan sekolah. Antara lain, dengan membuat mural sepanjang tembok sekolah, membuat dekorasi di kelas-kelas, membangun area kreatif siswa, hingga memberikan kelas inspirasi dan penyuluhan mengenai kesehatan bagi para siswa dan guru.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari konser amal “Satukan Nada Wujudkan Mimpi Anak Indonesia” yang diselenggarakan dalam rangka perayaan 30 tahun keberadaan P&G di Indonesia dengan tema #GemilangDi30Tahun. Dana yang berhasil digalang dalam konser amal tersebut sepenuhnya dialokasikan untuk membangun kembali kelas-kelas sekolah yang rusak di tiga lokasi yang terdampak bencana besar Palu, Donggala dan Lombok. Konser itu menampilkan Anggun dan Maudy Ayunda yang merupakan Brand Ambassador Pantene Indonesia, salah satu produk brand P & G.

LV Vaidyanathan, Presiden Direktur. P&G Indonesia, menyatakan pihaknya menjaga komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Buka Kantor Baru, P&G Siap Garap Bisnis Personal Healthcare di Indonesia

"Memberi kembali kepada masyarakat, merupakan hal paling utama yang kami lakukan. Selama 30 tahun, melalui brand unggulan kami, P&G selalu memberikan yang terbaik dan menjawab kebutuhan konsumen kami di Indonesia. Dan tidak hanya produk terbaik, P&G juga terus berinisiatif menjalankan program tanggung jawab sosial yang berdampak positif bagi komunitas di sekeliling kami," ujarnya.

Senada, Save the Children Indonesia menyambut positif dukungan P&G Indonesia untuk membantu anak-anak korban bencana tsunami, gempa dan likuifaksi. 

“Melalui kegiatan rehabilitasi kelas sekolah ini, anak-anak dapat kembali tersenyum. Sebagai mitra kerja, kami mengapresiasi program-program sosial P&G yang telah memberikan dampak positif bagi komunitas, terutama anak-anak,” kata Maitra Yodha R. Widiantini, Direktur Penggalangan Dana, Pemasaran dan Komunikasi Save the Children Indonesia.

Baca Juga: Hadirkan Produk Baru, P&G Sasar Wanita Berhijab di Indonesia

Kiprah P&G di wilayah terdampak bencana di Palu dan Donggala dimulai sejak tahun 2018. Saat gempa dan tsunami terjadi, P&G turut serta dalam kegiatan tanggap darurat bekerja sama dengan instansi pemerintah dan beberapa mitra Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) lainnya. Perusahaan consumer goods terbesar di dunia ini menyalurkan donasi barang-barang kebutuhan dasar rumah tangga bagi para korban bencana. Bantuan yang disalurkan saat itu berupa produk-produk brand P&G seperti Pampers, Pantene dan Oral-B.

Setelah kegiatan rehabiltasi kelas sekolah di Palu dan Donggala selesai, P & G pun tetap memantau situasi anak-anak sekolah di sana, untuk memastikan agar dukungan yang diberikan dapat memberikan dampak berkelanjutan.

“Anak-anak adalah masa depan kita, dan memberikan fasilitas layak belajar merupakan tugas kita semua. Komunitas-komunitas di sekeliling P & G harus terus didukung dan dikembangkan. Kami yakin dukungan kami memberikan efek yang berlipat ganda. Adanya pendorong yang tepat akan mampu menciptakan pertumbuhan yang kuat; force for good, force for growth,” pungkas Vaidyanathan.

Baca Juga

Tag: Corporate Social Responsibility (CSR), PT Procter & Gamble Home Products Indonesia (P&G), Procter & Gamble Co (P&G), Gempa Palu

Penulis: Annisa Nurfitriyani

Editor: Annisa Nurfitriyani

Foto: Ist

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,747.08 3,709.59
British Pound GBP 1.00 18,951.81 18,757.67
China Yuan CNY 1.00 2,014.21 1,993.88
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,051.91 13,912.09
Dolar Australia AUD 1.00 9,726.73 9,622.99
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,800.56 1,782.46
Dolar Singapura SGD 1.00 10,394.96 10,285.44
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,708.63 15,550.93
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,395.00 3,357.16
Yen Jepang JPY 100.00 12,830.45 12,701.63

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6197.318 57.921 668
2 Agriculture 1424.860 10.203 20
3 Mining 1528.809 26.762 50
4 Basic Industry and Chemicals 976.378 16.198 77
5 Miscellanous Industry 1215.025 42.951 50
6 Consumer Goods 2023.673 9.223 56
7 Cons., Property & Real Estate 506.323 -1.997 83
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1122.442 14.680 76
9 Finance 1313.749 10.641 90
10 Trade & Service 768.113 0.709 166
No Code Prev Close Change %
1 ZBRA 72 97 25 34.72
2 IFII 300 374 74 24.67
3 TAMU 260 324 64 24.62
4 DWGL 180 218 38 21.11
5 UNIT 153 182 29 18.95
6 TIRA 214 252 38 17.76
7 MEGA 5,750 6,750 1,000 17.39
8 BIRD 2,470 2,890 420 17.00
9 NICK 260 300 40 15.38
10 SINI 1,200 1,350 150 12.50
No Code Prev Close Change %
1 MAMI 79 52 -27 -34.18
2 IBFN 318 246 -72 -22.64
3 YULE 199 154 -45 -22.61
4 AMAG 302 234 -68 -22.52
5 LMSH 398 310 -88 -22.11
6 BIKA 197 160 -37 -18.78
7 BVIC 119 98 -21 -17.65
8 BKSW 172 142 -30 -17.44
9 PEGE 230 190 -40 -17.39
10 HERO 875 725 -150 -17.14
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,485 1,590 105 7.07
2 IPTV 505 510 5 0.99
3 TLKM 3,950 3,990 40 1.01
4 BNLI 1,310 1,275 -35 -2.67
5 TCPI 6,175 6,200 25 0.40
6 REAL 266 298 32 12.03
7 ADRO 1,475 1,590 115 7.80
8 BBRI 4,250 4,280 30 0.71
9 ASII 6,550 6,850 300 4.58
10 ACES 1,590 1,550 -40 -2.52