Jahja B Soenarjo Kenang Sosok Ciputra: Saya Terhipnotis

Jahja B Soenarjo Kenang Sosok Ciputra: Saya Terhipnotis Kredit Foto: Istimewa

Chairman dan Founder Ciputra Group, Ir Ciputra tutup usia hari ini (27/11/2019) di salah satu rumah sakit di Singapura pada usia 88 tahun. Kepergian tokoh yang dikenal sebagai pengusaha properti yang sukses ini cukup mengejutkan para sahabatnya, termasuk Jahja B Soenarjo.

"Kita kehilangan salah satu putra terbaik bangsa yang sudah mengajarkan banyak hal. Beliau juga seorang entrepreneur tangguh yang memiliki integritas tinggi dan sarat dengan nilai-nilai yang patut kita teladani," kata Jahja kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Menurut Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia itu, almarhum merupakan sosok yang sangat penting di sepanjang perjalanan hidupnya. Ia pun bercerita saat awal mula bertemu dengan Pak Ci, sapaan akrab Ciputra.

Baca Juga: Ciputra Wafat Usai Jalani Perawatan, Begini Penjelasan Pihak Keluarga

"Tahun 1982 saya dengan kepala plontos mengikuti dengan serius ceramah Pak Ciputra di program orientasi mahasiswa baru Universitas Tarumanagara. Saya di barisan depan mendengar suara tajam beliau yang penuh semangat. Saya bukan hanya terkesima, tapi terhipnotis suara serak beliau yang penuh makna. Ayo siapa berani bermimpi jadi pengusaha?" cerita Jahja.

Tidak hanya itu, Jahja juga bercerita sosok almarhum yang merupakan salah satu tokoh yang mumpuni di bidang keilmuannya. Tidak hanya mumpuni di bidang keilmuannya, namun Ciputa juga sosok yang rendah hati kepada siapa pun.

"Kenangan saya yang tak terlupakan adalah kata-kata motivasi dari beliau, yang memberi semacam energi buat saya yang sedang meniti karier. Energi dan semangat Pak Cik sebagai panutan yang menjadi pendorong saya juga. Kata-katanya saat itu adalah Jahja, kelak jadilah pengusaha, ciptakan lapangan kerja!" bebernya.

Baca Juga: Merasa Kehilangan, Erick Thohir Doakan Pak Cik, Semoga . . .

Ia pun kagum dengan beberapa hasil dari kerja keras almarhum yang hingga kini telah dinikmati oleh sebagian masyarakat.

"Dari tangan beliau, melalui Pembangunan Jaya Group kita bisa menikmati kawasan 'jin buang anak' untuk berekreasi, Ancol. Kawasan semak dan hutan belukar menjadi Pondok Indah, Bintaro, dan Bumi Serpong Damai," ungkap Jahja.

Dia melanjutkan, "Masih banyak lagi karyanya, melalui Metropolitan Group, Ciputra Group maupun di dunia pendidikan. Universitas Ciputra adalah salah satu universitas pencetak bibit-bibit unggul wirausaha muda yang kreatif. Saya senang dapat mementor mahasiswa-mahasiswi yang potensial," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini