Miris Banget! Sudah Tolak Keluarkan Perppu KPK, Eh Pak Jokowi Beri Grasi untuk Napi Korupsi

Miris Banget! Sudah Tolak Keluarkan Perppu KPK, Eh Pak Jokowi Beri Grasi untuk Napi Korupsi Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Pengamat Politik Lingkar Madani, Ray Rangkuti menilai pemberian grasi kepada terpidana kasus korupsi Annas Maamun, semakin mengikis komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemberantasan korupsi.

"Makin miris melihat sikap Presiden atas komitmen terhadap pemberantasan korupsi," ucapnya kepada wartawan, Kamis (28/11/2019).

Lanjutnya, hal tersebut diperparah setelah Jokowi menolak menerbitkan Perppu KPK. Bahkan, menurutnya, pemberian grasi ini menunjukkan sikap Kepala Negara yang tidak serius memberantas korupsi.

Baca Juga: Jokowi Kasih Grasi ke Koruptor Sakit, Sindiran PKS Menusuk!!

Baca Juga: Soal Grasi Annas Maamun, Istana Buang Badan?

"Kini Presiden menerbitkan grasi terhadap terpidana korupsi. Alasannya sederhana, tak pakai njelimet. Satu karena pertimbangan MA dan kedua alasan kemanusiaan," sebutnya.

Menurut dia, alasan pertimbangan MA yang disampaikan Jokowi terkesan seperti melempar bola dari tanggung jawab presiden. 

Sambungnya, ia mempertanyakan apakah pemberian grasi hanya karena alasan sakit. "Bagaimana dengan jenis kejahatan yang dilakukan seorang terpidana? Apakah kejahatan korupsi sesuatu yang bisa dimaafkan?" tukasnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini