Portal Berita Ekonomi Selasa, 10 Desember 2019

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 08:12 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 64,25 USD/barel
  • 08:11 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,87 USD/barel
  • 08:11 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.460 USD/troy ounce
  • 08:10 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,06% terhadap Yen pada level 108,62 JPY/USD
  • 08:08 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,01% terhadap Poundsterling pada level 1,3146 USD/GBP
  • 08:06 WIB. Valas - Dollar AS diperdagangkan pada 1,1064 USD/EUR
  • 07:33 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka negatif 0,14% pada level 23.385
  • 07:32 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka negatif 0,22% pada level 2.084
  • 07:31 WIB. Bursa - Indeks S&P 500 ditutup negatif 0,32% pada level 3.135
  • 07:30 WIB. Bursa - Indeks Dow Jones ditutup negatif 0,38% pada level 27.909 
  • 07:29 WIB. Bursa - Indeks Nasdaq ditutup negatif 0,40% pada level 8.621

Pahami Pentingnya Digital Marketing Bersama WE Academy dan PLN

Pahami Pentingnya Digital Marketing Bersama WE Academy dan PLN - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

Digital marketing (pemasaran digital) merupakan aktivitas pemasaran/promosi menggunakan media elektronik (digital). Sekarang ini, seiring perkembangan teknologi digital yang sangat pesat membuat digital marketing menjadi salah satu pemasaran atau promosi utama. 

Dengan menggunakan media digital, strategi pemasaran dapat diukur secara tepat bahkan real-time. Selain itu, jangkauan geografis menjadi lebih luas dan cepat. Persaingan bisnis saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis di Indonesia. Para pebisnis baik skala UMKM hingga skala besar, mau tidak mau harus mulai melirik digital marketing.

Baca Juga: Bareng WE Academy, Mendalami Capital Market dan Mengenali Risikonya

Namun, tak semua pebisnis memahami bagaimana cara menggunakannya. Beberapa alasan pebisnis enggan menggunakan digital marketing adalah tidak paham teknologi atau tidak memiliki modal besar.

Dengan adanya hal tersebut, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Bengkulu bersama Warta Ekonomi Academy atau WE Academy menyelenggarakan workshop yang bertema "Digital Marketing: Tren Pemasaran Era 4.0" di Kantor PLN UPDK Bengkulu, pada 27-28 November 2019. Hadir langsung Sutan Banuara sebagai pengisi materi dalam workshop tersebut.

Diketahui, PLN yang merupakan bagian dari BUMN menyisihkan sebagian laba bersihnya untuk keperluan pembinaan usaha kecil dan koperasi serta pembinaan masyarakat sekitar. Hal tersebut sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Menteri pada Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, khususnya Pasal 88. Program Kemitraan BUMN dengan usaha kecil adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

"Karena eranya sudah digital, mereka tentunya harus menggunakan digital platform sehingga mereka bisa melakukan marketing dengan digital di seluruh elemen marketing. Baik itu produknya, distribusinya, dan yang paling utama adalah media promosinya dengan menggunakan media-media yang ada," jelas Sutan Banuara kepada Warta Ekonomi.

Dirinya melanjutkan, banyak pilihan dalam memasarkan sebuah produk dalam era digital seperti sekarang ini. Beberapa contohnya seperti mempromosikan sebuah produk di portal media massa hingga promosi menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pemasaran dalam sebuah produk harus mampu membujuk, merayu, memengaruhi, hingga membuat orang yang melihatnya cenderung tertarik dengan apa yang ada di dalamnya. Maka dari itu, dalam digital marketing harus memiliki konten bagus yang benar-benar mampu menarik minat.

"Kalau konten bagus, itu bisa jadi viral. Namun, bagaimana menciptakan sesuatu yang muncul itu tidak mudah, harus ada sesuatu yang mampu menarik netizen untuk memviralkan. Kekuatan itu ada di konten. Nah, itu yang harus dipahami oleh mereka, apa yang bisa menarik. Apakah produknya, harganya, atau manfaat yang bisa disampaikan oleh para pelaku UMKM ke pasarnya," lanjutnya.

Melihat potensi yang sangat besar tersebut, Sutan juga menyarankan pentingnya penggunaan mobile aplication dalam digital marketing. Dengan menggunakan alat mobile aplication, para mitra binaan mampu memasarkan produk dengan baik dan mempermudah pengelolaan bisnisnya.

"Karena dengan platform, performance bisa termonitor dari mobile aplication dan juga dapat memantau kendala-kendala seperti distribusi serta kendala dalam informasi yang akurat. Itu semua bisa diselesaikan dalam mobile aplication," paparnya.

Sutan berharap, dengan adanya workshop ini para peserta mampu membina para mitra dengan tepat dan mengawasi dengan akurat dengan mobile aplication sehingga punya Big Data yang bisa dianalisis dan dikelola.

"Diharapkan, tingkat kesuksesan para pelaku UMKM bisa meningkat. Dengan begitu, dana CSR PLN ini bisa lebih efektif. Karenanya, sekarang ini para pelaku usaha lebih sustainable dan bisnisnya bisa berlanjut. Jangan sampai UMKM tidak berkembang dan duitnya habis," pungkasnya.

Baca Juga

Tag: Warta Ekonomi Academy, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN), Digital Marketing, Digital Economy

Penulis: Bambang Ismoyo

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: WE Academy

Loading...

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,757.83 3,720.04
British Pound GBP 1.00 18,524.17 18,338.46
China Yuan CNY 1.00 2,004.08 1,983.30
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 14,091.11 13,950.90
Dolar Australia AUD 1.00 9,631.27 9,528.46
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,799.88 1,781.93
Dolar Singapura SGD 1.00 10,358.83 10,255.00
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,580.54 15,421.32
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,384.85 3,349.56
Yen Jepang JPY 100.00 12,976.43 12,843.77

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6193.791 6.923 667
2 Agriculture 1443.038 8.692 20
3 Mining 1476.026 1.626 50
4 Basic Industry and Chemicals 977.472 -2.356 76
5 Miscellanous Industry 1189.164 -11.910 50
6 Consumer Goods 2061.454 6.260 56
7 Cons., Property & Real Estate 518.354 8.147 83
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1126.422 -11.329 76
9 Finance 1301.830 3.637 90
10 Trade & Service 768.878 2.683 166
No Code Prev Close Change %
1 REAL 170 228 58 34.12
2 MSKY 1,250 1,560 310 24.80
3 PICO 3,500 4,310 810 23.14
4 PDES 615 735 120 19.51
5 ARKA 1,785 2,060 275 15.41
6 PCAR 1,995 2,290 295 14.79
7 POLY 60 68 8 13.33
8 BKSW 135 151 16 11.85
9 BKSL 68 76 8 11.76
10 TALF 262 292 30 11.45
No Code Prev Close Change %
1 TGRA 160 120 -40 -25.00
2 MAMI 246 185 -61 -24.80
3 DEAL 210 158 -52 -24.76
4 BIPP 65 50 -15 -23.08
5 PAMG 62 50 -12 -19.35
6 KARW 79 64 -15 -18.99
7 FORZ 59 50 -9 -15.25
8 SHID 2,950 2,500 -450 -15.25
9 NIKL 428 364 -64 -14.95
10 ESIP 370 318 -52 -14.05
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,395 1,505 110 7.89
2 IPTV 525 525 0 0.00
3 TOWR 745 735 -10 -1.34
4 TCPI 5,700 5,500 -200 -3.51
5 BKSL 68 76 8 11.76
6 WSKT 1,420 1,470 50 3.52
7 TLKM 4,100 4,070 -30 -0.73
8 PSAB 240 220 -20 -8.33
9 PPRO 67 74 7 10.45
10 ESIP 370 318 -52 -14.05