Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pupuk Indonesia Raih Penghargaan Markplus Institute, Kategori...

Pupuk Indonesia Raih Penghargaan Markplus Institute, Kategori... Kredit Foto: Pupuk Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mengembangkan dan melakukan penguatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bidang pekerjaan, salah satunya dalam bidang pemasaran. Beragam langkah strategis dan inovatif telah dilakukan, di antaranya lewat program sertifikasi SDM bidang pemasaran, Leadership Development Program (LDP), dan program branding assesment.

Berkat keberhasilan program-program tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) pun dianugerahi penghargaan dalam ajang Markplus Institute Award 2019 kategori Resource, Infrastructure, and Utility pada 4 Desember 2019 di Jakarta. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia (Persero), Winardi.

Baca Juga: Necis! Dua Anak Usaha Pupuk Indonesia Bawa Pulang Penghargaan dari Perancis

Winardi mengatakan, program sertifikasi SDM bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pemasar yang semula lebih banyak berperan mendistribusikan produk menjadi memasarkan produk, dengan rata–rata jumlah tenaga pemasar tersertifikasi sebesar 20% per tahun. Program ini juga sebagai salah satu upaya mendukung program Transformasi Bisnis di PT Pupuk Indonesia (Persero) yang diimplementasikan sejak 2017 sebagai langkah strategis menghadapi tantangan industri ke depan.

"Saat ini, telah terlaksana program tutorial dan sertifikasi tenaga pemasar sebanyak lebih dari 80% dari hasil mapping jumlah tenaga pemasar di Pupuk Indonesia Grup yang potensial. Sejak program ini dilaksanakan pada Desember 2018 sampai dengan Desember 2019, telah diiikuti sebanyak 368 orang peserta tenaga pemasar," jelas Winardi.

Selain itu, Pupuk Indonesia pun memiliki program LDP untuk pegawai tingkat grade I dan II yang di dalamnya terdapat materi tentang competitive strategic yang sangat dibutuhkan dalam peningkatan kompetensi seorang leader. Latar belakang program tersebut yakni sebagai wadah pengembangan kepemimpinan yang disiapkan untuk membekali para calon pemimpin perusahaan.

"Program ini telah terlaksana dengan rata–rata jumlah karyawan yang mengikuti sebesar 20% per tahun atau untuk tahun 2019 sebanyak 237 orang peserta," ungkapnya.

Adapun langkah lainnya dalam rangka penguatan SDM yakni program branding assesment di bidang pemasaran. Winardi menerangkan, branding merupakan bagian yang penting dalam hal meningkatkan daya saing perusahaan sehingga perlu disiapkan sebuah strategi sebagai pedoman PT Pupuk Indonesia (Persero) beserta anak perusahaan dalam membangun citra perusahaan.

Dengan citra perusahaan yang baik tentunya akan memberikan nilai tambah dalam bersaing dengan perusahaan swasta baik dalam maupun luar negeri.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang kami raih dalam ajang Markplus Institute Award 2019. Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan langkah transformasi yang kami lakukan dan menjadi apresiasi bagi segenap insan pegawai untuk terus mengembangkan kompetensi dalam rangka meningkatkan daya saing," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: