Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim Polri

Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim Polri Foto: Sufri Yuliardi

Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjabat Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) oleh Kapolri Jenderal Idham Azis. Mantan ajudan Presiden Jokowi ini sebelumnya sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Pengangkatan Lisyto Sigit sebagai Kabareskrim Polri berdasarkan Surat Telegram (TR) Nomor: ST/3229/XII/KEP/2019 Tertanggal 6 Desember 2019. Sementara, posisi Kadiv Propam Polri akan diisi oleh Brigadir Jenderal Ignatius Sigit Widiatmono yang merupakan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Propam Polri.

Baca Juga: Ditanya Soal Kasus Novel, Eh Pak Kapolri Kabur

Menurut Kepala Biro Pembinaan Karier Staf dan Sumber Daya Manusia Polri, Brigadir Jenderal Dedy Prasetyo, rotasi jabatan ini merupakan hal yang biasa dalam tubuh institusi Polri.

"Ya betul. Pengisian jabatan Kabareskrim. Listyo Sigit Kadiv Propam. Mutasi jabatan hal yang bisa dalam organisasi Polri sebagai meritokrasi, regenerasi, tour of area, dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Dedy di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Listyo Sigit merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Ia pernah menduduki beberapa jabatan di institusi Polri, seperti Kapolda Banten (2016), Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sultra (2013), Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012), dan Kapolresta Surakarta (2011).

Selanjutnya, Wakapoltabes Semarang, Kapolres Sukoharjo (2010), Kapolres Pati (2009), Kabag Dalpers Ropers Polda Metro Jaya. Ketika Jokowi menjadi Presiden periode 2014-2019, Listyo Sigit Prabowo menjadi ajudannya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini