KL BOX, Revolusi Manufaktur ala Kawan Lama

KL BOX, Revolusi Manufaktur ala Kawan Lama Kredit Foto: Agus Aryanto

Dalam proses manufaktur dan produksi di dunia industri, supply chain menjadi salah satu bagian penting yang memastikan semua kebutuhan material dan produk tersedia dalam kuantitas dan waktu yang tepat. Maka dari itu, produktivitas dan efisiensi dalam supply chain menjadi krusial.

Sebagai perusahaan yang menyediakan solusi untuk berbagai jenis industri di Indonesia, PT Kawan Lama Sejahtera melakukan inovasi untuk menunjang produktivitas dan efisiensi dalam supply chain. Inovasi itu dinamakan KL BOX, yang diciptakan untuk membantu para pelaku bisnis dan industri dalam memenuhi kebutuhan produk MRO (maintenance, repair, operation).

Baca Juga: Jaga Pertumbuhan, Revitalisasi Manufaktur Dipercepat

KL BOX merupakan konsep digital warehouse yang dilengkai dengan teknologi Internet of Things (IoT). Dengan teknologi ini, membuat availability dari produk dapat dijamin sehingga productivity dapat lebih tinggi. Segala transaksi keluar masuknya barang juga dapat terkontrol dan termonitor secara real-time sehingga dapat langsung diketahui oleh perusahaan.

Dengan adanya transparansi, pendapatan perusahaan menjadi lebih akurat dan terpercaya karena dapat meminimalisir adanya risiko kesalahan dan human error. Dengan pengambilan barang yang tercatat secara otomatis akan mendapat auto approved melalui sistem, sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya, sehingga barang dapat digunakan oleh user pada saat itu juga.

Agustin Iftariani, CEO PT Kawan Lama Sejahtera, mengatakan bahwa hal itu dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan sehingga KPI perusahaan pun dapat tercapai. Ketika semua terkontrol dengan baik, perusahaan dapat mencapai efektivitas dan eflsiensi secara maksimal.

"Kami berdiskusi dengan customer agar dapat memaksimalkan fitur yang dimiliki. Customer akan mendapatkan tingkat efisiensi lebih dari 30% dengan terjaminnya availability produk yang dibutuhkan," ujar Agustin.

Inovasi KL BOX itu seperti dipamerkan dalam pameran Manufacturing Indonesia 2019 yang digelar di Jakarta International Expo Kemaryoran (4-7/12/2019), di booth Kawan Lama. Dalam kesempatan tersebut, pengunjung dapat langsung merasakan kecanggihan fitur-fitur dan benefit dari penggunaan KL BOX.

Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera, ditemui di area pameran menjelaskan, langkah pertama yang harus dilalui adalah melakukan scan ID Card, finger print, atau face recognition untuk membuka pintu gudang tempat barang-barang disimpan. Setelah mengambil barang, karyawan melakukan scan barcode setiap barang yang diambil. Proses itup un secara otomatis terekam sebagai daftar belanja perusahaan. Hebatnya lagi, sebelum keluar orang juga akan dipindai untuk memastikan tidak ada barang yang disembunyikan. Setelah itu, pintu baru terbuka kembali.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini