Portal Berita Ekonomi Selasa, 21 Januari 2020

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

  • icon facebook kecil
  • icon twitter kecil
  • icon feed kecil
  • icon youtube kecil
  • icon email kecil
Executive Brief
  • 09:39 WIB. Bursa - Indeks Shanghai dibuka negatif 0,79% pada level 3.071
  • 09:38 WIB. Bursa - Indeks Hang Seng dibuka negatif 1,52% pada level 28.360
  • 09:37 WIB. Bursa - Indeks Strait Times dibuka negatif 1,13% pada level 3.242
  • 09:36 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,33% terhadap Yuan pada level 6,8882 CNY/USD
  • 08:11 WIB. Valas - Rupiah dibuka melemah 0,04% terhadap Dollar AS pada level 13.639 IDR/USD 
  • 08:07 WIB. OIL - Harga acuan Brent diperdagangkan pada level 65,20 USD/barel
  • 08:07 WIB. OIL - Harga acuan WTI diperdagangkan pada level 58,74 USD/barel
  • 08:06 WIB. Gold - Spot price emas diperdagangkan pada level 1.561 USD/troy ounce 
  • 08:04 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,01% terhadap Yen pada level 110,19 JPY/USD
  • 08:03 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,08% terhadap Poundsterling pada level 1,2999 USD/GBP
  • 08:00 WIB. Valas - Dollar AS menguat 0,02% terhadap Euro pada level 1,1093 USD/EUR
  • 07:54 WIB. Bursa - Indeks Nikkei dibuka negatif 0,11% pada level 24.060
  • 07:53 WIB. Bursa - Indeks KOSPI dibuka positif 0,06% pada level 2.263

Agar Cost Logistik Rendah, Pelabuhan Harus Terintegrasi

Agar Cost Logistik Rendah, Pelabuhan Harus Terintegrasi - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo II (Persero) memperingati Hari Jadi ke-27 di Double Tree Hotel, Jakarta, Jumat (06/12/2019). Pelindo ingin pelabuhan menjadi trade facilitator yang dapat mendukung perdagangan Indonesia.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya, mengatakan, pelabuhan tidak hanya berperan sebagai pelabuhan, tetapi harus bisa mendukung perdagangan. Pelabuhan harus terintegrasi dengan kawasan industri dan pelayaran.

Baca Juga: Kece! Kementan-Pelindo Sinergi Genjot Ekspor Tiga Kali Lipat

"Pelabuhan itu harus terintegrasi dengan kawasan industri sehingga distribusi barang dari kawasan industri lebih murah. Terintegrasi dengan pelayaran sehingga kapal-kapal yang membawa barang bisa linkage dengan pelabuhan," katanya.

Trade facilitator, menurutnya, semua yang terkait dengan perdagangan, seperti pemilik barang, pelabuhan, dan pelayaran berada dalam satu platform. Dengan cara ini, seluruh pengguna jasa, eksportir, maupun importer akan mendapatkan kebutuhannya secara cepat dan transparan.

"Jika ini dilakukakan, menurut saya, logistic cost akan turun dan produk-produk Indonesia akan bisa memiliki daya saing yang lebih tinggi karena biaya ekspor lebih murah, lebih cepat sampai, dan lebih bisa dimonitor sejak dikirimkan sampai tiba di tempat," paparnya.

Elvyn berpendapat, konsep tersebut dapat relevan jika diterapkan di seluruh Pelindo. Pelindo, kata dia, sebaiknya dipisahkan berdasarkan fungsi-fungsinya, bukan berdasarkan region seperti yang ada sekarang ini.

"Jadi hanya ada satu Pelindo. Operating company-nya sesuai dengan bidang, apakah peti kemas, non-peti kemas, penyedia peralatan, penyedia IT, dsb., tetapi dalam satu kepemilikan, satu holding," jelasnya.

Dengan begitu, holding tersebut bisa membuat strategi dan memiliki kekuatan keuangan yang lebih memadai sehingga ada standardisasi di seluruh pelabuhan Indonesia. "Kalau ada standardisasi, ada kekuatan keuangan, ada sistem operasional yang baik itu akan meningkatkan daya saing dan pada akhirnya logistic cost kita akan lebih murah," jelasnya.

Elvyn mengatakan, implementasi konsep tersebut membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun karena bukan sebuah pekerjaan mudah. Sistemnya harus bisa diterima oleh seluruh pelaku dari ekosistem ini. Pelaku juga memerlukan experience yang butuh waktu tak sebentar.

"Tapi saya yakin sekali kalau ini terjadi, logistic cost kita turun 4-5 persen dalam 5 tahun mendatang. Inilah konsep untuk mengembangkan maritim Indonesia, yakni me-linkage antara kawasan industri, pelabuhan, pelayaran, dalam sebuah trilogi maritim," tutupnya.

Baca Juga

Tag: PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) - Pelindo II, Elvyn G Masassya, Pelabuhan

Penulis: Lili Lestari

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Foto: Muhamad Ihsan

Loading...
Kurs Rupiah
Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,657.22 3,620.54
British Pound GBP 1.00 17,841.70 17,662.81
China Yuan CNY 1.00 2,000.45 1,980.48
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,722.27 13,585.73
Dolar Australia AUD 1.00 9,445.04 9,349.70
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,766.72 1,749.12
Dolar Singapura SGD 1.00 10,188.04 10,082.92
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,227.60 15,074.73
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,381.45 3,345.41
Yen Jepang JPY 100.00 12,453.28 12,328.25
Ringkasan BEI
No Name Today Change Stock
1 Composite Index 6245.043 -46.614 675
2 Agriculture 1416.471 -20.137 21
3 Mining 1515.967 -26.726 49
4 Basic Industry and Chemicals 958.755 -7.627 77
5 Miscellanous Industry 1224.607 -9.715 51
6 Consumer Goods 2082.610 -16.264 56
7 Cons., Property & Real Estate 480.841 -4.665 85
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1088.720 -7.886 76
9 Finance 1366.432 -7.402 92
10 Trade & Service 750.830 -4.813 168
No Code Prev Close Change %
1 ZBRA 72 97 25 34.72
2 AMAR 360 450 90 25.00
3 LUCK 450 560 110 24.44
4 PICO 1,225 1,500 275 22.45
5 MYTX 55 66 11 20.00
6 LMAS 160 191 31 19.38
7 INPP 850 990 140 16.47
8 KICI 204 230 26 12.75
9 FITT 85 95 10 11.76
10 CSRA 376 420 44 11.70
No Code Prev Close Change %
1 SONA 6,000 4,800 -1,200 -20.00
2 RELI 166 134 -32 -19.28
3 KAYU 89 72 -17 -19.10
4 KBLV 294 240 -54 -18.37
5 SDRA 850 700 -150 -17.65
6 PORT 595 510 -85 -14.29
7 CARS 145 125 -20 -13.79
8 PADI 133 115 -18 -13.53
9 LMPI 97 84 -13 -13.40
10 IKAI 64 56 -8 -12.50
No Code Prev Close Change %
1 MNCN 1,695 1,745 50 2.95
2 TOWR 785 785 0 0.00
3 ANTM 840 795 -45 -5.36
4 LUCK 450 560 110 24.44
5 TLKM 3,810 3,810 0 0.00
6 BBCA 34,375 34,175 -200 -0.58
7 TCPI 6,850 6,700 -150 -2.19
8 PGAS 2,020 1,965 -55 -2.72
9 BBRI 4,630 4,660 30 0.65
10 WSKT 1,445 1,375 -70 -4.84