Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Keamanan Data, Blibli Jadi E-Commerce Pertama yang Terima Sertifikat ISO 27001

Tingkatkan Keamanan Data, Blibli Jadi E-Commerce Pertama yang Terima Sertifikat ISO 27001 Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita
Warta Ekonomi, Jakarta -

Blibli.com resmi menjadi e-commerce pertama yang meraih lSO/IEC 27001 :2013. Peresmian ini disaksikan oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) saat British Standard Institution ( BSI) memberikan Sertifikat ISO/IEC 27001 :2013 kepada Blibli.com hari ini, Selasa (10/12/2019).

Sertifikasi ini menunjukkan bahwa Blibli.com telah memenuhi keseluruhan standar terkait sistem manajemen keamanan informasi dalam mengoperasikan bisnis e-commerce.

Baca Juga: Luncurkan OREO Music Box, Blibli.com dan Mondelez International Sasar Milenial

Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com, Ongkowijoyo, mengatakan bahwa Blibli.com memperoleh ISO:IEC 27001:2013 karena telah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsitektur IT dan application programming interface (API) untuk memastikan ketahanan Blibli.com pada keamanan data, baik korporat maupun pelanggan.

"Melalui standarisasi ini, Blibli.com juga ingin makin meningkatkan kesadaran seluruh stakeholder dalam industri e-commerce, mulai dari pelaku bisnis hingga pelanggan, akan pentingnya mengutamakan keamanan data. Bukan saja data para pelanggan, melainkan juga korporat," ungkap Ongkowijoyo di Sarana Jaya, Selasa (10/12/2019).

Managing Director BSI Indonesia, Erna Damayanty, mengatakan bahwa Standar lSO/IEC 27001 pada awalnya merupakan British Standard 7799 yang diadopsi menjadi standard ISO yang telah diakui oleh 164 negara di dunia. Sertifikat ISOIIEC 27001 yang diberikan kepada Blibli.com pada hari ini diterbitkan oleh British Standard Institution yang merupakan creator dari standard ISO/IEC 27001 ini dan memiliki akreditasi internasional.

Persyaratan standar ISOIIEC 27001 ini sangat ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkannya juga cukup sulit dan panjang. "Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh," kata Erna di Sarana Jaya, Selasa (10/12/2019).

Erna menekankan bahwa standarisasi manajemen sistem keamanan informasi ISOIIEC 27001:2013 ini sangat penting bagi pelaku industri e-commerce. Selain lSO/lEC 27001:2013, Blibli.com juga mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN.

"Indeks KAMI adalah alat untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan keamanan informasi pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). BSSN menyelenggarakan Asesmen Indeks KAMI dalam rangka mempersiapkan PSE untuk memenuhi persyaratan pada Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi berbasis SNI lSO:lEC 27001:2013," ujar Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN, Intan Rahayu di Sarana Jaya, Selasa (10/12/2019).

"PSE yang berhasil memperoleh hasil asesmen Indeks KAMI dengan skor tinggi dan berpredikat Baik atau Cukup adalah PSE yang telah memenuhi kriteria terkait tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan aspek teknologi keamanan informasi. PSE ini juga berhak mendapatkan sertifikat Indeks KAMI selama 1 tahun," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: