Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Update Perolehan Medali SEA Games 2019: Finis Peringkat 4, Indonesia Rupanya Lampaui Target Emas!

Update Perolehan Medali SEA Games 2019: Finis Peringkat 4, Indonesia Rupanya Lampaui Target Emas! Kredit Foto: Antara/Antara
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kontingen Indonesia sudah dipastikan menyegel peringkat empat di klasemen medali SEA Games 2019 Filipina. Hingga Selasa (11/12/2019) siang atau beberapa jam jelang penutupan, Kontingen Merah Putih berhasil mengumpulkan 72 emas, 84 perak, 111 perunggu dengan total keseluruhan 267 medali. 

Target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk bisa di posisi kedua gagal terpenuhi. Sebab Indonesia harus tertahan di peringkat empat di bawah Filipina (149 emas), Vietnam (98 emas) dan Thailand (92 emas). Meski begitu, prestasi para atlet dalam mendulang medali jauh melampaui target yang dipasang oleh Komandan Kontingen (CdM), Menpora, maupun Presiden Jokowi.

Dari CdM Kontingen Indonesia sendiri hanya menargetkan 45 emas, sedangkan Menpora mengatakan 54 keping medali emas yang harus diraih para atlet. Adapun Presiden Jokowi lebih optimis dengan menaikkan target menjadi 60 medali emas. 

Baca Juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2019: Filipina Juara Umum, Indonesia Nyaman di Peringkat 4

Capaian perolehan medali di SEA Games 2019 Filipina tercatat jauh melampaui capaian pada SEA Games 2017 Malaysia. Pada SEA Games 2017 saat itu, Kontingen Indonesia hanya mampu mengoleksi 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu yang pada akhirnya menempatkan tim Merah Putih di urutan kelima klasemen.

Sekadar diketahui, SEA Games 2019 akan ditutup dengan seremoni yang dimulai pukul 17.00 waktu setempat. Beberapa hiburan bakal ditampilkan seperti penampilan tari dan orkestra di acara pembuka. 

Sementara para relawan SEA Games 2019 dikabarkan juga ikut tampil. Mereka direncanakan menunjukkan kebolehannya dalam acara urutan kelima. 

Grup musik Black Eyed Peas akan menjadi bintang tamu utama yang tampil di panggung. Sepertinya alasan mengapa grup asal Amerika Serikat itu ikut ambil bagian karena tak terlepas dari salah satu anggotanya, Allan Pineda Lindo yang merupakan warga negara Filipina.

Pada hari terakhir SEA Games 2019 menyisakan dua keping emas yang bisa diraih. Dari cabor bola tangan pantai (handball beach) di Subic Tennis Court di Subic. Tim bola tangan pantai Indonesia harus puas mendapat perak usai ditaklukkan wakil Vietnam.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan