Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2020, BI Optimis Perekonomian Jabar Meningkat

2020, BI Optimis Perekonomian Jabar Meningkat Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada 2020 diperkirakan meningkat. Optimisme ini ditopang permintaan domestik, konsumsi dan investasi. 

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KpW) Jawa Barat, Doni P Joewono menjelaskan inflasi Jawa Barat relatif terkendali sesuai sasaran target 3,5+1% pada akhir 2019 (sekitar 3,4%) dan diyakini dapat terkendali sesuai sasaran 3,0+1% pada 2020.

"Perkembangan ini menandai rendahnya inflasi selama 5 tahun terakhir yang mendukung daya beli masyarakat," katanya kepada wartawan saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Jawa Barat 2019, Kamis (12/12/2019)

Menurutnya, searah dengan kondisi nasional, stabilitas sistem keuangan Jawa Barat terjaga. Permodalan tinggi, rasio Non Performing Loan (NPL) rendah, likuiditas cukup. Kredit perbankan yang tumbuh terbatas pada 2019, diharapkan dapat meningkat pada 2020, dengan turunnya suku bunga dan membaiknya prospek ekonomi. 

Baca Juga: Keluhkan Langkah Pemprov DKI Jakarta, APPBI Puji Terobosan Kemenkop UKM

Baca Juga: BI Nilai Pelaku Usaha Masih Wait and See

"Ke depan, kami akan mencermati perkembangan ekonomi domestik dan global, untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendorong momentum pertumbuhan," ungkapnya.

Dukungan kebijakan moneter Bank Indonesia melalui penurunan suku bunga yang telah dilakukan 4 kali sejak Juli 2019 menjadi 5,0% dan penurunan Giro Wajib Minimum 2 kali menjadi 5,5%, diharapkan dapat turut mendorong momentum pertumbuhan. 

Respon perbankan, kata Doni, termasuk perbankan di Jawa Barat, terhadap kebijakan Bank Indonesia sudah cukup baik, terlihat dari penurunan rata-rata suku bunga, terutama suku bunga simpanan, sementara penurunan suku bunga kredit masih terbatas.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: