Kemenpora RI Terima Surat Permintaan Maaf Syed Saddiq, Isinya Tidak Lain...

Kemenpora RI Terima Surat Permintaan Maaf Syed Saddiq, Isinya Tidak Lain... Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akhirnya menerima surat permintaan maaf dari Menpora Malaysia, yakni Syed Saddiq Bin Syed Abdul Rahman, terkait permasalahan pengeroyokan suporter Timnas Indonesia beberapa waktu yang lalu. Surat itu diterima Menpora, Zainuddin Amali, pada Sabtu (14/12/2019) kemarin.

Surat yang dikirimkan tersebut menjadi permintaan maaf resmi Menpora Malaysia yang mengaku ikut bertanggung jawab atas terlukanya Warga Negara Indonesia (WNI) di area yang tak jauh dari Stadion Bukit Jalil tersebut. WNI yang berniat mendukung Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia itu memang menjadi korban pengeroyokan oleh oknum pendukung Timnas Malaysia.

Baca Juga: Terlibat Perkelahian, 3 WNI Ditemukan Tewas di Malaysia

Syed sebelumnya sudah menyampaikan permintaan maafnya secara langsung melalui media. Namun, baru kemarin surat resmi permintaan maafnya sampai ke tangan Zainuddin. Dalam surat tersebut, Syed menegaskan saat ini kepolisian Malaysia sedang mengusut sampai tuntas persoalan itu.

Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Syed Saddiq Bin Syed Abdul Rahman secara resmi telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Indonesia (dalam hal ini Kemenpora). Surat tersebut merujuk atas surat yang dikirimkan oleh Kemenpora dengan No. 11.22.12/SET/XI/2019 tertanggal 22 November 2019.

Surat itu langsung ditanda-tangani oleh Menteri Belia dan Sukan Malaysia, yang pada intinya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang telah menimpa suporter Indonesia.

Dalam surat tersebut juga disebutkan, bahwa Pemerintah Malaysia telah menyampaikan laporan kejadian yang telah menimpa warga negara Indonesia (jauh di luar Stadion Bukit Jalil tersebut) kepada pihak Kepolisian Malaysia.

Baca Juga: Pantau Perbatasan, Indonesia-Malaysia Sepakat Gunakan Drone

Dan kepada pihak Kepolisian Malaysia diminta dengan segera mengusut secara tuntas masalah tersebut dengan meminta korban dari warga negara Indonesia untuk berkenan memberikan keterangan kesaksian, sehingga terduga pelakunya dapat segera diproses secara hukum tanpa pandang bulu.

Bagi Menpora Malaysia, surat yang ia kirimkan ke Kemenpora RI adalah pertanda Syed sangat mengutamakan permasalahan itu untuk diselesaikan. Syed pun berjanji akan terus memantau jalannya prosesi penyilidikan agar masalah suporter Indonesia itu bisa selesai dengan cepat.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini