Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ingat, Nataru! Antisipasi Lonjakan Traffic Nataru, Kominfo Minta Operator Tingkatkan Layanan

Ingat, Nataru! Antisipasi Lonjakan Traffic Nataru, Kominfo Minta Operator Tingkatkan Layanan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Ditjen Penyelenggara Pos dan Informatika, Ramli, sudah meminta para operator untuk meningkatkan kapasitas jangkauan dan kualitas layanannya untuk mengantisipasi lonjakan traffic pada Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Rayakan Nataru 2019, Bank Mandiri Gelontorkan Rp33,5 T

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua operator yang telah meningkatkan layanannya. Meminta operator juga untuk terus memantau quality of service," kata Ramli dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/12/2019).

Beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh operator telekomunikasi menurut Ditjen PPI adalah sebagai berikut:

Telkomsel

Optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia dengan 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

XL Axiata

Pengerahan 30 Mobile BTS. Melakukan persiapan di jalur Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Pantura, Pansela, 300 titik pusat keramaian, tempat wisata, bandara, bis, stasiun, pelabuhan, mal, dan tempat-tempat ibadah.

Indosat

Melakukan pengukuran QoS di beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian, di antaranya stasiun, terminal, bandara, lokasi wisata, dll.

Hutchinson 3

Menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari 3410 unit BTS 4G LTE dan 80 unit BTS 3G. Ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz. 160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan. 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa. Juga di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

Smartfren

Alokasi 29 Mobile BTS: 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional.

Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

Persiapan cadangan bbm untuk genset backup di site.Tidak ada mobile BTS yang dikerahkan.

Telkom Indonesia

Layanan Prima: Top perform quality of service yaitu menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness, and Massive crowds). Penyiapan Infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020. Pelatihan Network & Service. Mitigasi Celah Keamanan Network dan IT.

Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

Hasilnya disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas. Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: