Palestina Terus Dapat Dukungan, Qatar Janji Kirim Bantuan hingga 2020

Palestina Terus Dapat Dukungan, Qatar Janji Kirim Bantuan hingga 2020 Kredit Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

Qatar akan terus memberikan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza hingga tahun depan. Janji ini diharapkan dapat membantu meredam konflik antara Hamas dan Israel.

Utusan Qatar untuk Jalur Gaza Mohammed Al-Emadi mengungkapkan itu setelah pekan ini mengunjungi Gaza untuk melihat langsung donasi 22 truk pemadam kebakaran dan kendaraan darurat lainnya. Dia juga membahas proposal proyek kesehatan dan energi baru.

Baca Juga: Diundang Raja Salman, Emir Qatar Tak Datang KTT GCC Ke-40

Sejak perang Gaza pada 2014, Qatar atas persetujuan Israel memberikan lebih dari USD1 miliar untuk dana rekonstruksi dan tunjangan untuk warga miskin Palestina. Bantuan itu membantu Qatar mendapat dukungan Amerika Serikat (AS) di tengah ketegangan diplomatik antara Qatar dan Arab Saudi.

"Untuk kuartal pertama tahun (2020) kami lanjutkan, ini untuk memastikan. Untuk sisa tahun itu, saya pikir kami akan terus, kami akan melihat dengan cermat dan positif pada isu ini," ujar Emadi pada Reuters saat ditanya tentang masa depan bantuan tersebut.

Untuk mengurangi tekanan ekonomi dan membantu meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan dengan Israel, Qatar memberikan lebih dari USD150 juta pada 2019 untuk membeli bahan bakar untuk pembangkit listrik di Gaza saja dan memberi uang tunai bulanan pada hampir 70.000 warga Gaza yang membutuhkan.

Pejabat Israel dan Palestina menyatakan bantuan Qatar membantu meredam kesulitan ekonomi di Gaza yang sebelumnya turut memicu konflik antara Hamas dan Israel.

Emadi menjelaskan, Hamas meminta perpanjangan bantuan keuangan hingga 2020. Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengunjungi Qatar pekan ini.

Baca Juga: Emir Qatar Diundang Raja Salman Hadiri KTT GCC Ke-40

"Setelah Maret ada peluang besar kami akan teruskan dukungan bulanan ini untuk listrik dan warga miskin," papar Emadi.

Qatar tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel tapi pejabat Israel secara pribadi menyambut bantuan Qatar untuk Gaza. Bantuan itu sangat penting untuk mencegah krisis kemanusiaan meski dananya juga membantu Hamas tetap mengontrol wilayah itu.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini