Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Analis: Apple Masih Jadi Vendor Smartphone Paling Untung 2019

Analis: Apple Masih Jadi Vendor Smartphone Paling Untung 2019 Kredit Foto: REUTERS/Mike Segar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Apple masih menjadi perusahaan vendor ponsel yang paling untung di tahun 2019 meski tahun ini bukanlah tahunnya Apple.

Menurut laporan Counterpoint Research terbaru dilansir dari GSMArena, raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini menempati 66% dari total keuntungan industri meskipun hanya menghasilkan 32% dari semua pendapatan smartphone untuk periode Q3 secara global.

Baca Juga: Kejar Penonton, Apple Rencana Masukkan James Bond dan Tayangan Olahraga ke Apple TV+

Yang lebih mencolok adalah bahwa ini terjadi sebelum periode liburan, yakni Q4, ketika Apple biasanya melihat angka penjualan tertinggi. Sebagai referensi, pada Q4 2018, bagian laba Apple berada di kisaran 80% dan laba untuk Q4 2019 diperkirakan akan terus berada di jalur yang sama.

Berdasarkan peringkat, Samsung jadi penghasil terbesar kedua untuk periode Juli-September karena mengumpulkan 17% dari keuntungan keseluruhan. Ini didorong oleh penjualan yang kuat dari seri Galaxy A dan Note10. Sisanya yang juga berpenghasilan tinggi yakni Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Karn Chauhan, analis Counterpoint mencatat bahwa merek-merek China perlahan-lahan mengelola untuk meningkatkan margin keuntungan mereka, tetapi mereka sampai mendekati margin yang dikelola Apple. 

Di sisi lain, 2020 disebut-sebut sebagai tahun komersialisasi 5G dan para pemain China semua akan mendapat manfaat dari dorongan ke 5G dan akan dapat meningkatkan harga permintaan rata-rata mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: