Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2020, Sopir Bus Pakai Seragam Dasi Mirip Pilot

2020, Sopir Bus Pakai Seragam Dasi Mirip Pilot Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi -

Bukan cuma pilot yang bekerja dengan seragam dan dasinya di tahun 2020 mendatang. Para sopir bus, baik penumpang maupun angkutan barang, direncanakan akan mengenakan seragam berdasi saat bekerja nantinya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, menyampaikan, sopir-sopir bus yang berada di bawah regulasi Kementerian Perhubungan direncanakan akan bekerja dengan seragam resmi tahun depan. Mereka akan memakai seragam, lengkap dengan dasinya, seperti para pilot.

"Kita melaksanakan launching untuk bajunya, seragam para pengemudi, baik untuk pengemudi untuk bus maupun kendaraan barang," ujar Budi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Sabtu, 21 Desember 2019.

Ia menambahkan, kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap oleh operator bus yang tergabung dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda). Nantinya, ia ingin terus mendorong operator-operator besar lain untuk mengenakan seragam resmi tersebut.

"Tahun ini karena baru awal diterapkan, mungkin belum banyak operator yang kita gandeng. Tapi di tahun berikutnya, saya akan terus dorong ke operator-operator yang besar," ujar Budi lagi.

Alasan pengaplikasian seragam berdasi untuk para sopir bus ini, menurut Budi, adalah untuk menciptakan citra pengemudi yang juga pantas dihargai dan dihormati masyarakat.

Selain itu, ia ingin, seragam resmi tersebut menjadi cermin atas kompetensi pengemudi yang lolos ujian dan sertifikasi. Bukan hanya dihargai oleh masyarakat, seragam tersebut diharapkan juga bisa memberi tanggung jawab tersendiri bagi para pengemudi dalam masalah keamanan dan keselamatan penumpang di jalan.

"Image yang sedang kita bangun adalah kita menghormati, menghargai profesi para pengemudi. Dengan harapan juga saat di jalan, dengan berseragam seperti ini, mereka betul-betul menunjukkan kompetensinya," ujar Budi kemudian.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: