Kaleidoskop 2019: Berikut Deretan Prestasi Berkilau Timnas Indonesia

Kaleidoskop 2019: Berikut Deretan Prestasi Berkilau Timnas Indonesia Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Tim Nasional senior Indonesia boleh hancur lebur di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari lima pertandingan yang dijalani, Irfan Bachdim dan kawan-kawan selalu mengalami kekalahan. Untungnya, hasil buruk yang dialami di level senior tidak merembet ke tim nasional kelompok umur. Sebut saja Timnas Indonesia U-22, U-19 dan U-16.

Bisa dibilang, ketiga kelompok umur di atas meraih hasil yang cukup membanggakan di sepanjang 2019. Skuat Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– membuka 2019 lewat raihan impresif. Tim asuhan Indra Sjafri itu keluar sebagai kampiun Piala AFF U-22 2019 yang diselenggarakan di Kamboja.

Saat itu, Marinus Wanewar dan kawan-kawan tergabung di Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar dan Malaysia. Dalam dua laga awal, Timnas Indonesia U-22 hanya bermain 1-1 kontra Myanmar dan 2-2 (Malaysia). Beruntung di laga terakhir fase grup, Timnas Indonesia U-22 menang 2-0 atas Kamboja sehingga berhak lolos ke semifinal.

Baca Juga: PSSI: Timnas U-19 dan TGS Jadi Kerangka Timnas di Piala Dunia U-20

Kemudian di babak empat besar itu, Timnas Indonesia U-22 menang 1-0 atas Vietnam. Selanjutnya di partai puncak, giliran Thailand yang dikalahkan Indonesia 2-1. Hanya saja, kiprah apik di Piala AFF U-22 2019 tidak berlanjut di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang digelar di Vietnam sebulan berselang.

Saat itu, Timnas Indonesia U-22 kalah bersaing dari Vietnam dan Thailand yang memastikan lolos ke putaran final. Akan tetapi, performa brilian kembali ditunjukkan Timnas Indonesia U-22, tepatnya saat turun di SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-22 sempat mengalahkan Thailand 2-0 di fase grup. Kemenangan itu membantu Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal, dan kemudian mereka menumbangkan Myanmar 4-2 di babak tersebut. Meski kalah 0-3 dari Vietnam di final, Timnas Indonesia U-22 layak mendapatkan apresiasi tinggi, mengingat mereka tidak diunggulkan di ajang ini.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini