Bakal Bimbing Timnas Senior Sampai Level U-19, Gimana Sih Pengalaman Shin Taeyong?

Bakal Bimbing Timnas Senior Sampai Level U-19, Gimana Sih Pengalaman Shin Taeyong? Foto: PSSI

Tim Nasional Sepakbola Indonesia akan dilatih oleh Shin Taeyong, juru taktik asal Korea Selatan. Ia akan tiba di Indonesia dua hari lagi, tepatnya Kamis (26/12/2019).

Tak cuma diminta membimbing Timnas Senior, Taeyong juga akan membina Timnas U-23 dan U-19. Pertanyaannya, apakah Taeyong memiliki pengalaman melatih tim nasional kelompok umur?

Jawabannya, iya. Sebelum membesut tim nasional senior Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Tae-yong sempat menangani Korea Selatan di level U-23 dan U-20.

Baca Juga: Indikasikan Tae-yong Tak Cocok Latih Timnas Indonesia, Hang-seo: Jangan Fokus pada Uang!

Taeyong adalah pelatih Korea Selatan U-23 di Olimpiade 2016 Brasil. Saat itu, Son Heungmin dan kawan-kawan tampil luar biasa di fase grup dengan mengoleksi tujuh angka. Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan– menang 8-0 atas Fiji, imbang 3-3 kontra Jerman dan menang 1-0 atas Meksiko.

Koleksi tujuh poin membuat mereka lolos sebagai juara Grup C dan bersua runner-up Grup D, Honduras, di babak 16 besar. Hanya saja di babak tersebut, kiprah Korea Selatan terhenti setelah tumbang 0-1 dari Honduras.

Selanjutnya di Piala Dunia U-20 2017, Taeyong membawahi Korea Selatan U-20. Saat itu, Korea Selatan U-20 tergabung di Grup A bersama Inggris, Argentina dan Guinea. Hasilnya, Korea Selatan yang berstatus sebagai tuan rumah finis sebagai runner-up Grup A setelah mengoleksi enam angka.

Saat itu, enam poin didapat dari kemenangan atas Guinea (3-0) dan Argentina (2-1). Sementara itu, satu-satunya kekalahan didapat dari Inggris (0-1). Finis sebagai runner-up membuat mereka melaju ke 16 besar untuk bertemu Portugal. Hanya saja bersua Portugal, Korea Selatan takluk 1-3.

Tentu harapannya, pengalaman Taeyong di atas dapat berefek positif kepada kiprah Timnas Indonesia, terutama U-20. Sekadar informasi, Indonesia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini